Sapi hasil IB. ( ktc )

2-4 Desember, Peternak se-Kuansing Ikut Kontes Sapi Hasil Kawin Suntik

Minggu,01 Desember 2013 - 06:15:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Mulai Senin (2/12/2013 ) sampai dengan Rabu ( 4/12/2013 ) para peternak se-Kuansing akan ikut serta dalam lomba akan ikut serta dalam lomba kontes sapi hasil kawin suntik ( inseminasi buatan/IB )

"Lomba kontes ini akan kita laksanakan selama tiga hari mulai Senin-Rabu. Pada Senin semua sapi yang ikut kontes diharapkanb telah berada di pasar ternak Simpang Raya di Singingi Hilir,"kata Kepala Disnak Kuansing, Masri, SP, MM belum lama ini.

Pada hari Senin ujarnya, tim penilai akan melakukan  penilaian terhadap ternak-ternak yang ikut kontes, dan pada Selasa akan diumumkan hasil penilaian ini. Sementara hari Rabu akan digelar acara penutupan sekaligus pembagian hadiah. Penutupan dan pembagian hadiah rencananya dilakukan  Bupati Kuansing H Sukarmis dan Kadis Peternakan Riau.

Menurutnya, hingga Minggu ( 24/11/2013 ) lalu sudah ada 36 petani ternak di Kuansing yang mendaftar ke Disnak Kuansing.  Karena Disnak Kuansing masih membuka pendaftaran sampai pelaksanaan acara " Apabila petani ingin mendaftar bisa melalui UPTD peternakan yang ada di tiap Kecamatan dan bisa juga disampaikan ke penyuluh lapangan,'ujarnya.
Tujuan dari kegiatan ini, katanya, untuk memperlihatkan kepada masyarakat Kuansing  hasil ternak sapi kawin suntik yang sudah cukup lama dikenalkan kepada peternak di Kuansing. " Ini juga untuk peningkatan kualitas dan produksi ternak di Kuansing. "nanti masyarakat kita akan tahu perbedaan antara ternak sapi kawin suntik dengan kawin secara alam, perbedaan sangat banyak,"katanya.

Menurutnya, ternak sapi hasil kawin suntik ini badannya lebih besar dari hasil ternak sapi kawin secara alam. Dimana bobot dan besar sapi hasil kawin suntik ini sangat besar dan pertumbuhannya juga cepat.

Ditambahkannya, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motifikasi dan stimulasi peternak dalam meningkatkan produksi ternaknya serta menuntut peran masyarakat dalam pelaksanaan program inseminasi buatan (IB) dalam rangka memberbaiki produk sapi ternaknya.

Dikatakannya, Disnak Kuansing sudah cukup lama melaksanakan program ternak sapi kawin suntik ini. Bagi masyarakat yang memiliki ternak sapi, Disnak Kuansing telah menyiapkan bibit seacara gratis tanpa dipungut bayaran sepeserpun. "Kita tidak menetapkan tarif kalau ada masyarakat kita yang memiliki ternak ingin ternaknya dilakukan kawin suntik, itu kita lakukan secara gratis dan bibit kita sediakan,"kata Masri. ( rsa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT