Norwegia Tunjuk Menteri Perempuan Muslim

Norwegia Tunjuk Menteri Perempuan Muslim

 

TEMPO.CO, Oslo - Perdana Menteri Norwegia, Jens Stoltenberg, menunjuk seorang perempuan muslim menjadi bagian dari pemerintahannya sejak terjadi reshuffle kabinet pekan lalu.

Hadia Tajik, muslimah keturunan Pakistan, ditunjuk oleh Stoltenberg menjadi Menteri Kebudayaan. Perempuan 29 tahun ini merupakan muslim pertama yang ada dalam kabinet sekaligus menjadi menteri termuda di pemerintahan negara Skandinavia ini.

Penunjukan Tajik sebagai Menteri Kebudayaan ini diharapkan dapat mengembangkan kebudayaan di Norwegia. Tajik pernah terpilih sebagai anggota parlemen pada pemilu 2009 dari Partai Buruh Norwegia mewakili Oslo.

Tajik yang pernah bekerja sebagai jurnalis, sebelumnya menjadi penasehat di Kementerian Kehakiman pemerintahan Knut Storberget 2008-2009.

Sejak terlibat dalam pemerintahan Storberget, Kementerian Kehakiman  memutuskan memberikan izin kepada polisi wanita mengenakan jilbab dalam setiap tugasnya, namun keputusan tersebut cepat ditarik setelah mendapatkan kritik tajam dari partai-partai konservatif dan anggota koalisi pemerintahan.

Berita Lainnya

Index