Kemiskinan di Israel Melonjak Akibat Perang dan Gerakan Boikot

Kemiskinan di Israel Melonjak Akibat Perang dan Gerakan Boikot
Kemiskinan di Israel Melonjak Akibat Perang dan Gerakan Boikot

PARIS  - Kemiskinan di Israel meningkat di tengah perang dengan Gaza.

Kemiskinan tersebut juga diakibatkan dari gerakan boikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel.

Dampak perang tak hanya dirasakan oleh warga Gaza saja, penduduk Israel juga turut merana.

Mereka kini kesulitan mendapatkan bantuan ekonomi, karena pemerinta mengalihkan semuanya untuk pendanaan perang.

Selain itu masyarakat semakin selit membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

Tingkat kemiskinan Israel dilaporkan melonjak di tengah gejolak perang. Menurut catatan tahunan yang dirilis perusahaan riset Alternative Poverty Report 19,7 persen warga Israel kini kehilangan pendapatan imbas agresi perang.

Tak hanya itu, dalam laporannya Alternative Poverty Report juga mengungkap dampak perang telah mendorong pemerintahan Tel Aviv untuk melakukan pemangkasan bantuan ekonomi- sosial pada sejumlah lembaga amal.

“Dampak perang, badan amal yang didedikasikan untuk mendukung masyarakat miskin kini tak lagi menerima bantuan dari pemerintah Israel sejak dimulainya invasi, Padahal saat ini terjadi peningkatan jumlah permintaan bantuan,” jelas Alternative Poverty Report dikutip dari Middle East Monitor.

Israel bahkan mulai menelantarkan warganya yang biasa mendapatkan santunan dengan dalih untuk menekan pembengkakan negara di tengah situasi perang di jalur Gaza, yang mengkhawatirkan imbas dari pemangkasan tersebut 81,8 persen penerima bantuan tengah terlilit utang.

Sementara 81,6 penerima bantuan lanjut usia hidup dalam kemiskinan dan 31,5 persen warga Israel menghadapi kerawanan pangan yang parah.

Impak lain yang ditimbulkan dari perang sebanyak 79,3 persen warga Israel menderita penyakit kronis lantaran kesulitan mendapatkan akses perawatan kesehatan gratis.

Bahkan tak sedikit pula masyarakat yang mengurangi porsi makan hingga memaksa anak-anaknya untuk berpuasa karena kesulitan untuk membeli kebutuhan pokok.

Selain karena dampak perang, para ekonom memperkirakan lonjakan kemiskinan yang dialami warga Israel terjadi buntut dari gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) terhadap perusahaan Israel dan para pendukungnya.

Seruan boikot yang dilakukan oleh generasi muda melalui jejaring media sosial awalnya diterapkan sebagai sanksi bagi Israel.

Namun imbas kampanye BDS banyak perusahaan yang terafiliasi dengan Israel mengalami pembengkakan kerugian hingga miliaran dolar AS.

Dampak Boikot PM Netanyahu Merugi Miliaran Dolar AS

Kendati belum ada laporan resmi terkait nilai kerugian yang diderita Israel, namun menurut data yang dirilis Al Jazeera, pada 2018 lalu Israel sempat merugi hingga 11,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 177,37 triliun per tahun buntut gerakan boikot produk 

Pernyataan itu didukung oleh data dari Bank Dunia yang menunjukkan bahwa ekspor barang-barang "intermediet" Israel mengalami penurunan tajam dari 2014 hingga 2016 sehingga menimbulkan kerugian sekitar 6 miliar dolar AS pertahun.

Para pengunjuk rasa membawa plakat yang menyerukan boikot terhadap produk dan perusahaan pro-Israel saat aksi unjuk rasa solidaritas terhadap rakyat Palestina di Yogyakarta pada 11 November 2023. Imbas sejumlah negara kompak melakukan aksi boikot pada Starbucks hingga perusahaan tersebu merugi 12 miliar dolar AS atau sekitar Rp 186 triliun.

Para pengunjuk rasa membawa plakat yang menyerukan boikot terhadap produk dan perusahaan pro-Israel saat aksi unjuk rasa solidaritas terhadap rakyat Palestina di Yogyakarta pada 11 November 2023. Imbas sejumlah negara kompak melakukan aksi boikot pada Starbucks hingga perusahaan tersebu merugi 12 miliar dolar AS atau sekitar Rp 186 triliun melansir SERAMBINEWS.Com yang mengutip dari AFP. ( ktc )

Berita Lainnya

Index