Fhoto pencari kerja di bursa carer di Jakarta. ( ktc )

Jumlah Pencaker di Kuansing Meningkat, Mayoritas Perempuan

Jumat,12 September 2013 - 05:25:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja ( Dissosnaker ) Kuansing mencatat, jumlah pencari kerja ( Pencaker ) tahun 2013 di Kuansing meningkat dibandingkan tahun 2012 yang lalu. Sebagian besar Pencaker tersebut merupakan kaum perempuan.
" Bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, jumlah pencaker juga meningkat, tahun ini jumlahnya mencapai 7.437 orang,' ujar Kepala Bidang  Pelatihan Penempatan dan Penyebarluasan Kesempatan Kerja Dissosnaker Kuansing, Samsius kepada wartawan, Kamis ( 12/9 ) siang.
Dari 7.437 orang Pencaker yang terdaftar di Dissosnaker Kuansing ujarnya, terdiri dari laki-laki sebanyak 2.700 orang dan perempuan sebanyak 4.737 oran. " Jadi dengan dengan demikian, pencari kerja perempuan yang terdaftar di Dissosnaker Kuansing  sebanyak 64 persen,"ujarnya.
Samsius juga mengakui saat ini, warga yang mengurus kartu Pencaker atau umum dikenal sebagai kartu kuning sedang membludak. Hal tersebut terkait penerimaan CPNS yang sebentar lagi akan digelar.
Jika dilihat dari warga yang mengurus kartu kuning tersebut, ujarnya, sebagian tampak untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS. Pasalnya mereka yang sedang mengurus kartu kuning tersebut sebagian besar lulusan universitas.

" Kalau yang mengurus kartu pencaker itu sarjana tentu saja akan dipergunakan untuk memasuki penerimaan CPNS, tetapi jika yang mengurus tamatan SLTA tentu dipergunakan untuk memasuki lamaran ke perusahaan,"ujarnya.

Terkait adanya rencana pembukaan lowongan pekerjaan dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit, Samsius menyatakan, belum mendapat informasi sampai saat ini.

" Biasanya bagi perusahaan yang beroperasi maupun yang akan beroperasi di Kuansing, tentu ada surat pemberitahuan untuk merekrut para karyawan, namun sampai kini belum ada yang mengajukan surat untuk merekrut naker,"terangnya.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT