Akibat Asap, 12 Warga Terserang ISPA

Rabu,18 September 2012 - 12:42:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Akibat asap yang tak kunjung hilang berdampak nyata pada kesehatan warga. Buktinya 12 orang warga Kuansing di bulan Agustus lalu terserang Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

"Kita mencatat, ada 12 orang selama Agustus terserang ISPA yang telah dirawat di RSUD Teluk Kuantan," ujar Direktur RSUD Teluk Kuantan, dr David Oloan MARS yang dikonfirmasi wartawan,  Selasa (18/9) kemaren.


Mengingat sudah ada warga yang terkena ISPA dan kabut asap masih belum hilang, dr David menyarankan masyarakat menggunakan masker apabila berada di luar rumah, sehingga gangguan ISPA dapat diatasi. "Saya lihat sekarang kabut asap semakin tebal di Kuansing. Coba lihat jarak pandang kita semakin berkurang," ujar David.


Asap kiriman ini diduga dari provinsi tetangga Jambi tampak meliputi langit Kuansing sejak beberapa pekan terakhir ini. Bahkan asap sebelumnya dikhawatirkan menganggu jalannya dua cabang olahraga PON XVIII yang dilaksanakan di Kuansing masing-masing babak penyisihan cabang sepak bola grup B antara tim Jatim, Jabar, Sumut dan Gorontalo dan juga cabang dayung yang diikuti oleh 23 provinsi se-Indonesia.


Saat ini diperkirakan akibat asap jarak pandang mencapai 2 kilometer. Asap pekat akan terlihat dan dirasakan oleh warga pada pagi hari dan sore hari menjelang malam. Sedangkan pada siang hari relatif lebih cerah, karena asap dapat dicairkan oleh suhu udara yang panas. ( ktc1 )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT