Salah satu peristiwa kebakaran yang sempat terjadi di Kuansing. ( ktc )

Tiga Mobil Damkar Berusia 10 Tahun, Satpol PP Kuansing Harapkan Mobil Baru

Jumat,06 September 2013 - 08:35:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN- Saat ini tiga dari empat unit armada mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang dimiliki Kuansing. kondisinya memprihatinkan dan  berumur 10 tahun lebih.

Karena itu Pemkab Kuansing berharap bantuan dari Provinsi Riau untuk pembelian armada mobil damkar untuk Kuansing. Selain sudah tua, jumlah armada Damkar juga kurang.

"Setiap tahun selalu kita usulkan, Kita sangat berharap pada tahun depan ada bantuan dari Provinsi untuk tambahan mobil Damkar untuk Kuansing,"kata Kepala Satpol PP Kuansing Erdiansyah, Kamis (5/9) kemaren.

Menurut Erdiansyah, usulan tambahan armada ini mengingat APBD Kuansing cukup kecil apabila harus membeli mobil damkar baru, karena diharapkan bantuan dari Pemprov Riau untuk penambahan armada Damkar di Kuansing. Oleh sebab itu tiga mobil yang dibeli sekitar tahun 2002 lalu masih kita gunakan, walaupun dinilai tidak layak.

"Dua mobil dibeli pada zaman Saleh Djasit jadi Gubernur sekitar tahun 2000, dan satu mobil jenis coldiesel dibeli oleh APBD kita  sekitar tahun 2002, jadi umurnya ketiga mobil ini sudah 10 tahun lebih. Hanya ada satu mobil yang baru jenis engkel,"katanya.

Erdiansyah juga mengakui kalau selama ini masyarakat sering mendengar keluhan dari masyaakat soal mobil Damkar yang sering terlambat datang apabila ada kebakaran disejumlah kecamatan. Hal ini disebabkan jarak dari kota Teluk Kuantan ke kecamatan cukup jauh dan memakan waktu lama.
" Karena armada kita dipusatkan di ibukota Kabupaten. SEandainya kita bangun kantor untuk damkar ditiap rayon kecamatan di kuansing tentunya perlu tambahan armada,"ujarnya.

Idealnya ujar mantan Kasubag Humas Setda Kuansing itu jumlah armada untuk Kuansing 7 mobil Damkar.Kalau jumlah tersebut mencukupi, maka akan idbentuk 4 rayon, masing-masing rayon akan mendapat 1 unit Damkar.( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT