Salah satu dekorasi lampu colok di desa Pintu Gobang Kari yang masih dalam pekerjaan. ( isa )

Semarak dan Syahdukan Malam Takbiran, Warga Buat Lampu Colok

Selasa,06 Agustus 2013 - 11:17:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Untuk memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1434 Hijriah, sejumlah kenegerian dan desa melombakan lampu colok, keberadaan lampu colok ini termasuk yang ditunggu warga baik yang ada di kampung maupun yang baru pulang dari rantau.

Pasalnya saat lampu colok dihidupkan secara serentak sebelum pawai takbir dimulai, seketika suasana menjadi meriah. Apalagi warga membuat bermacam-macam bentuk dekorasi lampu colok, mulai dalam bentuk kubah mesjid, yang digantung didahan pohon serta dipasang sepanjang jalan, membuat suasana yang sangat merindukan.

Seperti pantauan kuansingterkini.com di desa Kampung Baru dan desa Pisang Berebus kecamatan Gunung Toar, warga sejak Selasa ( 6/8 ) malam sudah sibuk memulai kegiatan lampu colok. Para remaja dan anak-anak serta orang dewasa sibuk mengisi minyak tanah ke dalam botol M 150 yang dijadikan pelita. Mereka melakukannya di surau dan mesjid yang ada.

Tidak hanya itu, sebagian remaja membuat dekorasi sebagai tempat lampu colok yang dibuat di dekat mesjid atau surau serta gang-gang. Sebagian lagi memasang kayu tempat lampu colok yang ada di sepanjang jalan yang akan dilalui peserta pawai takbira.

Kegiatan remaja, anak-anak dan orang dewasa tersebut berlangsung hingg waktu sahur tiba, dan berlanjut hingga Rabu ( 7/8 ) pagi. " Tiap tahun Kita mengadakan lomba lampu colok, ini yang ditunggu orang di kampung apalagi yang baru pulang dari rantau, ini yang kadang membuat orang terkenang kampung halaman, suasanya meriah dan  terasa di desa, "ujar Kadus I Desa Berebus, Muhammad Kifti.

Tidak hanya di kedua desa tersebut, kesibukan yang sama tampak di kenegerian Kari seperti di desa Pintu Gobang Kari dan desa Koto Kari. Sejumlah bentuk bangunan lampu colok sudah berdiri di samping surau, sementara kayu-kayu tempat lampu colok juga sudah berjajar disepanjang jalan.

Kenegerian Kari merupakan salah satu tempat lampu colok di Kuantan Tengah yang selama ini rutin mengadakannya. Banyak warga yang melintas saat lampu colok hidup di Kenegerian ini kagum dengan aneka bentuk lampu colok yang mereka buat. ( isa  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT