Ilustrasi. ( ktc )

Sampai 30 Juni, PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

Rabu,18 Juni 2013 - 09:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN- Akibat terjadinya  gangguan jaringan listrik sistem Sumatra membuat listrik di Kuansing harus dilakukan pemadaman bergilir. Pemadaman bergilir akan  dimulai pukul 18:00 wib setiap hari selama dua jam. Pemdaman yang sudah  mulai sejak empat   hari lalu akan berlangsung  sampai 30 Juni mendatang.
"Kami  mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan, karena listrik ada gangguan sistem Sumatra maka dilakukan pemadaman secara bergilir ditiap Kecamatan,"kata Kepala Rayon PLN Teluk Kuantan, Darwin kepada wartawan, Jumat ( 14/6 ) pekan lalu.
Pemadaman secara bergilir ini terpaksa dilakukan  untuk menghemat listrik, sebab jika  dipaksakan hidup seluruhnya tidak akan mampu dilayani tenaga pembangkit listrik untuk seluruh wilayah di Kuansing karena adanya gangguan sistem Sumatra. Maka dilakukan pemadaman giliran sekitar 4 MW setiap hari. Mulai dari pukul 18:00 wib selama dua jam berlanjut sampai pekerjaan selesai yang diperkirakan 30 Juni nanti.
"Lewat 30 Juni aliran listrik PLN baru mulai normal dan tidak ada lagi pemadaman secara bergilir,"katanya.
Dijelaskannya, listrik PLN ini akan mati secara bergantian, dimana ada lima travo jaringan yang akan dimatikan selama dua jam. Diantaranya travo fidel 1 (F1) untuk sekitaran Kota Teluk Kuantan atau disejumlah desa. Kemudian fidel 2 (F2) meliputi sejumlah desa di Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Pangean. LTD, daerah tranmigrasi, Baserah, Kuantan Hilir Seberang, Cerenti.
Selanjutnya fidel 3 (F3) sejumlah desa di Kuantan Tengah, Singingi, Singingi Hilir, dan Sarosah Hulu Kuantan. Fidel 4 (F4) meliputi sejumlah desa di Kuantan Tengah, Benai, Pangean, Baserah, Cerenti. Selanjutnya fidel 5 (F5) meliputi daerah Kari, Gunung Toar, dan Lubuk Jambi.
" Setiap jaringan fidel ini akan dilakukan pemadaman secara bergilir selama dua jam. Jadi kalau jaringan fidel 1 dimatikan, maka sekitar kota Teluk Kuantan lampu akan mati, begitu juga seterusnya. dan ini dilakukan secara bergiliran yang setiap hari waktu matinya dilakukan selama dua jam,"ujarnya.
Masing-masing jaringan fidel ini akan mati selama dua kali, dibagi wilayah secara bergiliran. Kalau di F1 jaringannya mati sekitar pukul 18:00 wib, dan hidup lagi pukul 20:00 wib, maka selanjutnya hari itu juga dilakukan pemadaman dijaringan F2 selama dua jam sekitar pukul 20:00 wib sampai pukul 22:00 wib, artinya jaringan fidel ini akan padam selama dua kali dengan wilayah berbeda setiap hari.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT