Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

31 Orang dari 3 Negara Ditangkap Terkait Pencurian Berlian Rp 486 M

Kamis,08 Mei 2013 | 09:03:00   Dibaca: 2164 kali
31 Orang dari 3 Negara Ditangkap Terkait Pencurian Berlian Rp 486 M
Ket Foto : Ilustrasi (AFP) . ( dtc/ktc )

BRUSSEL - Kepolisian dari tiga negara, yakni Belgia, Prancis dan Swiss melakukan penangkapan massal terhadap para pelaku pencurian berlian spektakuler senilai US$ 50 juta atau setara Rp 486 miliar. Total ada 31 orang yang ditangkap dari ketiga negara tersebut terkait kasus ini.

Pencurian berlian ini terjadi kurang lebih 3 bulan lalu di bandara Zaventem, Belgia. Penyelidikan yang dilakukan terhadap kasus ini berujung pada operasi lintas negara dan kemudian dilakukan penangkapan massal yang dilakukan Selasa (7/5) dan Rabu (8/5) ini.

Salah satu pelaku utama pencuri berlian ini dibekuk di Prancis. Sedangkan 6 orang pelaku lainnya, yang merupakan anggota satu geng dengan pelaku utama, ditangkap oleh kepolisian Swiss. Dalam penangkapan tersebut, berhasil disita sejumlah berlian yang dicuri.

"Penyelidikan kasus ini mengarah ke operasi polisi besar-besaran," ujar juru bicara kantor jaksa Brussels, Jean-Marc Meilleur, seperti dilansir AFP, Rabu (8/5/2013).

Dalam operasi penggerebekan yang dilakukan Rabu (8/5) pagi, kepolisian Belgia berhasil membekuk 24 tersangka. Mereka juga berhasil menyita sejumlah uang tunai dalam jumlah besar.

Operasi tersebut disebut besar-besaran karena melibatkan sekitar 200 personel.

Pencurian berlian yang terjadi pada 18 Februari lalu, disebut sebagai salah satu pencurian berlian terbesar oleh Antwerp World Diamond Centre (AWDC). Berlian tersebut diambil secara diam-diam oleh 8 orang pelaku, yang merangsek masuk ke dalam landasan bandara.

Para pelaku membuka paksa pintu kargo sebuah pesawat Swiss yang hendak lepas landas dan kemudian merampas berlian tersebut.( afp/dtc/ktc )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.