Dua Warga Kuansing Berstatus ODP Corona

Jumat,19 Maret 2020 - 08:26:00 WIB

Ilustrasi virus Corona

TELUK KUANTAN - Dua warga Kuansing saat ini masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP) virus corona. Mereka yang berstatus OPD tersebut saat ini terus dipantau perkembangannya.

"Statusnya masih ODP. Ada dua orang," kata Plt. Kadis Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi yang dikonfirmasi Kamis ( 19/3/2020).

Helmi juga menjadi juru bicara Pemkab Kuansing untuk penanganan virus corona usai rapat yang dipimpin Bupati Mursini dan Forkompimda serta kepala OPD Kamis pagi dikantor Bupati.

" Saat kini memang ada orang dalam pemantauan yang mengalami batuk dengan riwayat perjalanan dari Tembilahan,"tambahnya.

Saat ditanya apa mereka sebelumnya pulang dari luar negeri via Twmbilahan. " Ndak,"jawab Helmi. 

Helmi minta untuk tidak menyebut lokasi dua orang warga Kuansing yang berstatus ODP Corona itu terlebih dahulu.

Menurut Helmi dua warga ini berstatus ODP Corona itu karena sebelumnya pernah berobat ke Puskesmas.

Langkah-langkah penanganan terhadap mereka kata Helmi diedukasi untuk isolasi mandiri serta dipantau setiap hari perkembangannya oleh Puskesmas dimana warga berstatus ODP Corona itu.

Saat ditanya warga berstatus ODP Corona belum tentu positif terjangkit virus Corona, Helmi menjawab Iya.

Sementara dikabupaten Kuansing sendiri RSUD Teluk Kuantan diputuskan menjadi rumah sakit rujukan penanganan virus corona.

Selanjunya Bupati Kuansing sendiri usai rapat bersama Forkompimda bersama kepala OPD dikantor Bupati sudah memutuskan status siaga darurat virus corona mulai 19 Maret 2020 hingga 14 hari kedepan.

Sementara dirangkum dari berbagai sumber berikut istilah seputaran Corona Virus Diase (Covid-19). Pertama ODP atau orang dalam pemantauan. PDP atau pasien dalam pengawasan. Ketiga Suspeck atau diduga terkena Virus karna sudah menunjukkan gejala dan pernah berkontak atau bertemu dengan orang yang positif Corona. Keempat Positif setelah melalui cek Lab dan prosedur lain. ( isa )