Drainase Tak Lancar, Genangi Air di Jalan Membuat Pengendara Tidak Nyaman

Sabtu,08 Februari 2019 - 08:58:00 WIB

Genangan air dekat bundaran tugu Carano

TELUK KUANTAN - Setiap turun hujan maka sejumlah ruas jalan dalam kota Teluk Kuantan akan digenangi air. Hal ini menimbulkan situasi tidak nyaman bagi pengendara baik roda empat maupun roda dua.

Ruas jalan yang menjadi langganan banjir diantaranya jalan depan Kantor Bank Riau-Kepri Cabang Teluk Kuantan, jalan proklamasi di empat titik seperti depan kantor UPTD Doakan Kuantan Tengah, depan areal mini market dan kompleks pekuburan China, depan mesjid agung dan dekat bundaran tugu Carano.

Akibat genangan air yang cukup tinggi tersebut membuat pengendara ekstra hati-hati. Sebab jika tidak, air dapat masuk ke mesin dan termasuk membasahi Aki yang dapat mengakibatkan mesin kenderaan mati. Tak jarang kenderaan seperti sedan dan kenderaan dengan bodi rendah lainnya setelah mengarungi genangan air berhenti sejenak. Karena Aki kenderaan terkena air dan hidup mesin menjadi tidak stabil.

Seperti terlihat disekitar bundaran Carano, Jumat ( 8/2/2019). Kenderaan roda empat merk Honda CRV berhenti dan menginjak gas-gas berkali untuk menstabilkan mesin setelah mengarungi genangan air depan mesjid Agung dan tugu Carano.

Situasi tidak nyaman bukan hanya dirasakan pengendara, namun juga pengendara roda dua dan warga sekitar genangan air. Percikan air dan gombanng air dari roda empat tidak jarang mengenai mereka dan tempat tinggal termasuk kios dan Ruko.

Namun sampai sekarang masalah genangan air setiap turun hujan tidak pernah teratasi dan ada solusinya. Padahal kondisi musim hujan sudah dirasakan warga sejak November 2018 lalu.

" Tidak nyaman kalau hari hujan lewat jalan yang ada genangan air. Diterobos takut busi masuk air dan mogok, dan mogok saat hujan menambah derita,"ujar Andri salah seorang warga Teluk  Kuantan. ( isa )