Hasil Konsultasi DPRD, Kemenhub Siap Membantu Operasional Balai Keur

Rabu,29 Januari 2019 - 01:25:00 WIB

M. Sarjan

TELUKKUANTAN - Kementerian Perhubungan RI siap membantu mengoperasikan kembali tempat pengujian KIR Dishub Kuansing, beroperasi asalkan melengkapi kekurangan item persyaratan akreditasi.

Hal ini dikatakan Sarjan, Anggota DPRD Kuansing, dari Komisi C saat dikonfirmasi usai melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan di Jakarta, Senin (28/1/2019) sore.

"Setelah kita konsultasikan dengan kementerian, apa yang selama ini menjadi kendala di daerah mereka siap membantu. Dalam hal ini Kemenhub meminta Pemkab memenuhi kekurangan persyaratan," kata Sarjan.

9 persyaratan yang kata Sarjan berdasarkan hasil pemantauan pihak tim Kemenhub masih ada 3 item yang belum terpenuhi. Pertama uji rem, kedua lampu depan, ketiga uji emisi gas buang.

"Itu lah kekurangan yang harus dipenuhi. Barang yang ada saat ini sekarang kan rusak. Namun, ini bisa diperbaiki. Untuk biaya ini kita bersama Dishub telah menganggarkan untuk itu. Kalau anggaran ini sudah bisa digunakan, alangkah baiknya secepat mungkin dilakukan perbaikan, supaya masyarakat kita terbantu,"sambungnya.

Oleh sebab itu lanjut Sarjan, masyarakat yang ingin mengurus dan memperpanjang KIR terpaksa harus ke Kabupaten Pelalawan, sehingga sangat merugikan masyarakat dan merugikan daerah.

"Kalau bagi masyarakat dampaknya waktu yang lama ke Pelalawan. Kemudian juga biaya. Sedangkan bagi daerah merugikan terhadap PAD lebih kurang 800 juta pertahun yang selama ini bisa menjadi pemasukan, namun, sekarang tak ada lagi," ujar politisi Nasdem.

Kemudian kata Sarjan, terkait dengan SDM di balai pengujian KIR yang tidak dimiliki Dishub Kuansing. Pihak Kementerian Perhubungan siap membantu mengirimkan SDM dari Kementerian, dengan syarat harus ada permintaan dari Pemkab.

Sedangkan, mengenai Balai KIR saat ini menurut Sarjan, belum terakreditasi, karena 3 syarat item belum terpenuhi yang disebutkan sebelumnya diawal oleh Sarjan.

"Jika tiga item ini terpenuhi, mereka Kemenhub akan mengeluarkan surat rekom akreditasi dalam waktu seminggu," kata Sarjan.

Dan lebih menarik lagi kata Sarjan, pihak Kemenhub ini berharap ada semacam kerja sama antara Pemkab dengan Kemenhub. Salah satunya adalah dalam rangka meningkatkan SDM dimana putra putri Kuansing bisa di Sekolahkan di Akademi Perhubungan.

"Selama ini kan belum ada di daerah, yang ada kan hanya IPDN. Nah, orang Kemnhub ini siap menjalin MoU dengan daerah. Tidak hanya itu, terkait program-program yang berkaitan dengan transpotasi mereka juga siap membantu. Ini tergantung lagi keseriusan pemerintah daerah," tukas Sarjan. ( utr )