Pemkab Kuansing Optimis Teluk Kuantan Raih Adipura

Jumat,05 Mei 2016 - 06:48:00 WIB

Piala Adipura. ( ktc )


TELUKKUANTAN  - Tim pemantauan penilaian adipura dari pemerintah pusat telah meninjau dan memverifikasi Ibukota Kabupaten Kuantan Singingi, kota Telukkuantan, yang merupakan salah satu dari 4 kota di Riau yang dinilai, yakni Kuansing, Siak, Bengkalis dan Pekanbaru.

Dari sejumlah lokasi yang diverifikasi, seperti pasar, tempat pembuangan akhir sampah, sungai dan juga sistem pengelolaan sampah perkotaan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi melalui Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kuansing optimis meraih adipura tahun ini.

"Tim sudah turun memverifikasinya. Dari hasil diskusi dengan tim penilai, kita jadi optimis akan mendapatkan adipura," kata Kepala DPKP Kuansing, Drs Azhar MM kepada wartawan, Selasa (3/5/2016) lalu.

Dari informasi yang disampaikan tim verifikasi, kata Azhar, kalau Kuansing dapat adipura tentu kerja pemerintah dan masyarakat di daerah semakin berat, karena daerah lain akan banyak studi banding ke Kuansing. Dan tim, kata Azhar, memberikan catatan dan saran agar kebersihan dan keindahan kota terjaga.

Salahsatu yang harus ditambah kedepan, adalah deengan memperbanyak penghijauan. Terus sistem pengelolaan sampah perkotaan disarankannya agar lebih ditingkatkan lagi. "Itu catatan yang diberikan tim verifikasi untuk kita di Kuansing," katanya.

Oleh karena hanya 4 daerah di Riau yang diverifikasi untuk adipura ini, Azhar optimis, Kuansing mampu meraih adipura. Karenanya dukungan masyarakat kedepan harus terus ditingkatkan agar senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan kota.

"Dan mari sama-sama kita jaga kebersihan dan keindahan kota Telukkuantan ini, sehingga kota bisa menjadi kebanggaan bagi semua," ujar mantan Lurah Pasar Telukkuantan ini.( isa )