Datangi Dinas Bina Marga Provinsi, Warga Desak Penuntasan Jembatan Pangean

Senin,15 Februari 2015 - 04:01:00 WIB

TELUK KUANTAN- Pembangunan jembatan Pangean yang dimulai sejak 2011 silam dengan menggunakan dana APBD Provinsi Riau , hingga kini masih terbengkalai dan tidak jelas kelanjutannya.

Atas kondisi ini, seorang warga dari Kecamatan Pangean, Saini, berbekal dengan surat dan tanda tangan dukungan dari sejumlah Kepala desa dan masyarakat Pangean, Rabu (11/2/2015) lalu nekad mendatangi Dinas Bina Marga Provinsi Riau untuk mendesak agar pembangunan jembatan yang menyeberangi sungai Kuantan dan menghubungkan sejumlah desa yang ada di Pangean seberang dengan ibu kota Kecamatan segera dituntaskan.

Didampingi salah seorang pemuka masyarakat Kuansing asal Pangean, Ir. Mardianto Manan, MT, Saini disambut langsung oleh Kepala bidang Bina Marga, Jalan dan Jembatan, Marjohan Syarif, ST, MT dan Kepala bidang pengawasan, perawatan jalan dan jembatan, Novriman, ST, MT.

Menurut Saini, sejauh ini masyarakat Pangean sangat antusias terkait adanya pembangunan jembatan ini, sehingga warga rela mengorbankan tanaman mereka yang terkena imbas dari pembangunan jembatan tersebut.
"Warga sudah rela menumbangkan pohon sawit mereka, kelapa, pisang dan tanaman lainnya hanya untuk berharap jembatan ini bisa dibangun, namun kenyataannya, hingga kini, sudah hampir tiga tahun pembangunannya tak lagi dilanjutkan,"ujar Saini usai pertemuan tersebut kepada wartawan.

Dari pertemuannya itu, Saini mengaku, bahwa Kabid Bina Marga, Marjohan Syarif berjanji akan menuntaskan pembangunannya tahun depan. "Tahun depan jembatan Pangean sudah bisa difungsikan," ucap Saini menirukan ucapan Marjohan tersebut.

Sementara itu secara terpisah, Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kuansing, Azwan, S.Sos, ST menyampaikan bahwa pembangunan jembatan Pangean dilanjutkan pembangunannya tahun ini oleh Pemprov Riau dengan alokasi anggaran hanya Rp 5 miliar."Tahun ini ada Rp 5 miliar untuk jembatan Pangean dari Pemprov Riau,"ujarnya. (Utr)