Satpam Bantu Tugas Polisi

Satpam Bantu Tugas Polisi
Kapolres AKBP Wendry Purbyantoro dan Wabup Drs H Zulkifli, M.Si serta Unsur Muspida saat HUT Satpam.

TELUK KUANTAN - Jajaran Polres Kuansing, Rabu ( 9/1 ) pagi menggelar upacara hari ulang tahun ( HUT ) Satpam ke-31 tahun 2012. Upacara HUT Satpam tersebut dipusatkan di lapangan upacara Mapolres Kuansing di Teluk Kuantan.

Bertindak sebagai upacara Kapolres Kuansing AKBP Wendry Purbyantoro, SH. HUT Satpam ini juga dihadiri oleh Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si, Ketua DPRD Muslim, Kajari Teluk Kuantan Maryono, SH, MH, Asisten, Kadis, Kaban dan Camat sertda sejumlah pimpinan perusahaan yang ada di Kuansing.

Menurut AKBDP Wendry Purbyantoro yang membacakan amanat Kapolri Jenderal ( Pol ) Timur Pradopo, fungsi dan peran Satuan Pengaman (Satpam) atau security sangat membantu tugas Kepolisian.


Disebutkan Kapolri, upaya peningkatan fungsi dan peran di Industrial securty, Satpam diintensifkan sebagai mitra Polri guna terpeliharanya Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Satpam dijadikan sebagai bahan evaluasi dinamika kehidupan. Mereka diintensifkan sebagai Pasukan Pengaman (PAM) Swakarsa dalam membantu tugas Polri di instansi tempatnya bekerja, sesuai dasar hukum Undang-undang nomor 2 tahun 2002, tentang Kepolisian RI.

“Untuk pelatihan Satpam, itu dilakukan Polda Riau. Polres hanya usulkan pesonil Satpam kabupaten yang akan menjalani latihan. Latihan rutin baru dilakukan dari Polres, upaya menambah kemampuan Satpam dalam mengamankan instansi tempat mereka bekerja,” papar Kapolres.

  Menurutnya, koordinasi antara Satpam dengan Polres sejauh ini sangat bagus, apalagi dalam momen tertentu dua instansi ini sering menggelar rapat koordinasi.

“Satpam dimaksimalkan di perusahaan untuk mengkondusifkan agar investor merasa aman dan nyaman menanamkan modalnya dalam Negeri,” sampainya.

Pada acara ini hadir perwakilan Satpam perusahaan yang ada di Kuansing, personil Polres Kuansing, prajurit TNI, Satpol PP Pemkab Kuansing, Petugas Dishub dan utusan lainnya. ( isa  )

Berita Lainnya

Index