Tingkatkan PAD, Industri dan Jasa Harus Berkembang

Senin,31 Oktober 2016 - 06:17:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ( PAD ) sebagai penopang utama pendapatan daerah dalam APBD, DPRD Kuansing berpendapat perlu tumbuh kembangnya industri dan jasa. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Komisi B DPRD Kuansing, Sastra Febriawan, Senin ( 31/10/2016 ) siang. 

" 24 Oktober lalu kami sharing informasi ke DPRD dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surabaya bagaimana peran industri, usaha kecil menengah dan koperasi disana mendukung PAD bagi kota Surabaya ,"ujar Sastra Febriawan.

" Bayangkan PAD Kota Surabaya itu mencapai 6 triliun, sebuah pendapatan yang sangat besar, dan perlu belajar dari sana,"sambungnya.
Menurutnya, keberhasilan Pemkot Surabaya menggenjot PAD tak terlepas dari perkembangan sektor industri, usaha menengah dan kecil serta koperasi. Mereka banyak memberikan kemudahan bagi tumbuhnya sektor tersebut disamping jasa seperti usaha pariwisata.

" Kuansing kedepan perlu adanya sebuah terobosan membangun industri seperti industri hilir karet, pertambangan, dan pekebunan, jadi tidak hanya pabrik kelapa sawit semata, melainkan industri hilirnya,"ujar Sastra.

Begitu juga pariwisata ujarnya, perkembanganyanya akan membawa dampak bagi sektor jasa, baik sektor transportasi, perhotelan, restoran, kerajinan rumah tangga.

" Perlu ada stimulus atau pendorong agar sektor-sektor ini berkembang nantinya di Kuansing, selain untuk PAD, juga menimbulkan peluang kerja bagi masyarakat,"pungkasnya. (Utr/Isa) 

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT