Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kuansing, Sukamaju dan Beringin Jaya Juara

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kuansing, Sukamaju dan Beringin Jaya Juara
ilustrasi. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Lomba desa tingkat Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2015 yang ditaja oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMPKB) memutuskan bahwa Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi keluar sebagai pemenang dan Beringin Jaya, Kecamatan Sentajo Raya sebagai pemenang untuk kategori kelurahan terbaik.

"Penilaian sudah dilakukan, hasilnya untuk kategori desa terbaik diraih oleh Desa Sukamaju dan kategori kelurahan diraih oleh kelurahan Beringin Jaya," ujar Kepala bidang pemberdayaan desa, BPMPKB Kuansing, M. Saleh kepada sejumlah wartawan di Teluk Kuantan, Selasa (19/5/2015).

Adapun desa yang mendapat peringkat dua dan tiga yakni Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, Lubuk Terentang Kecamatan Gunung Toar. Sedangkan peringkat dua dan tiga untuk kategori kelurahan yakni Pasar Benai dan Simpang Tiga Kuantan Tengah. "Untuk hadiah, kita menyediakan uang pembinaan Rp 7 juta untuk juara I, Rp 6 juta untuk juara II dan Rp 5 juta untuk juara III," katanya.

Dijelaskan Saleh, ada delapan indikator yang menjadi penilaian dalam lomba desa, yakni tingkat pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, PKK, kelengkapan kelembagaan, pemerintahan desa, partisipasi dalam pemilu, keamanan dan ketertiban.

"Semua indikator tersebut dinilai oleh SKPD masing-masing, misal kesehatan masyarakat, itu langsung dinilai oleh Dinas Kesehatan," jelas Saleh. Para dewan juri bekerja sebagai tim yang dibentuk oleh Bupati Kuansing.


Dengan adanya kegiatan ini, Pemkab Kuansing berharap pemerintah desa termotivasi untuk melengkapi kekurangan desa. "Harapannya begitu, desa mendapat motivasi untuk menjadi yang lebih baik," kata Saleh.


Desa dan kelurahan terbaik, lanjut Saleh, akan diikutkan pada ajang lomba antar desa tingkat Provinsi Riau. "Lomba tingkat provinsi akan dilaksanakan pada awal Juni mendatang," tutup Saleh.(Utr)

Berita Lainnya

Index