Dukung Pendidikan Gratis Hingga tingkat SLTA, Pemkab Alokasi Dana Besar Untuk Pendidikan di 2015

Dukung Pendidikan Gratis Hingga tingkat SLTA, Pemkab Alokasi Dana Besar Untuk Pendidikan di 2015
Pelantikan Kepsek oleh Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd beberapa waktu lalu. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis memenuhi janjinya melaksanakan program pendidikan gratis hingga tingkat SLTA/SMK se-Kuansing. Untuk itu alokasi dana terbesar dalam RAPBD Kuansing diarahkan untuk sektor pendidikan.
" Alokasi dana untuk sektor pendidikan dalam APBD 2015 diatas 20 persen melebihi yang diamanatkan UUD, karena Bupati komit dengan peningkatan SDM anak-anak Kuansing, Indra Agus, AP, M.Si di kantornya kepada wartawan, Jumat ( 5/12/2014 ) siang.
Menurut Indra Agus, dengan alokasi besar ini Pemkab Kuansing sudah memenuhi kebutuhan dasar sekolah melalui alokasi dana yang cukup memadai itu. " Pak Bupati ingin tidak ada lagi anak-anak Kuansing yang tidak tamat pendidikan SLTA karena kekurangan biaya,"ujarnya.
Karena Pemkab komit sekali memberikan alokasi dana yang besar bagi sektor pendidikan ini. " Jangan sampai ada anak-anak Kuansing yang putus sekolah, maka pendidikan gratis hingga SLTA Kita support dengan alokasi dana yang memadai,"ujarnya.
Melalui pendidikan gratis hingga SLTA ini ujar Indra Agus, maka kebutuhan sarana dan prasarana sekolah akan diupayakan dipenuhi dari dana APBD. " Hanya pakaian dan makanan yang tidak didanai dari APBD,"ujarnya.
Hanya saja katanya, Pemkab tidak bisa membatasi kewenangan yang dimiliki komite sekolah dalam membuat kebijakan. Karena komite memiliki kewenangan yang tidak bisa dintervensi. " Kadang kan komite membuat kebijakan sendiri mengenai pembangunan sarana dan prasarana di sekolah tetapi Kita sarankan sesuai dengan kebijakan Pemkab Kuansing menerapkan pendidikan gratis hingga ke tingkat SLTA agar tidak memberatkan orang tua wali murid,"ujarnya.
Disamping pendidikan gratis ujarnya, Pemkab juga mendukung program peningkatan kualitas guru melalui program-program peningkatan sumber daya manusia.  " Kita berikan perhatian besar pada sektor pendidikan untuk menciptakan kualitas SDM yang memadai di Kuansing,"ujar Indra Agus. ( isa  )

Berita Lainnya

Index