Fapsedu dan PKBI Kuansing Diharapkan Tekan Laju Pertambahan Penduduk

Fapsedu dan PKBI Kuansing Diharapkan Tekan Laju Pertambahan Penduduk
Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd berfose bersama pengurus FAPSEDU dan PKBI. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis diwakili Sekda Drs H Muharman, M.Pd, Kamis ( 13/3/2014 ) mengukuhkan pengurus Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan ( FAPSEDU ) Koalisi Kependudukan dan persatuan keluarga berencana indonesia ( PKBI ) Kabupaten Kuantan Singingi priode 2014-2018 di Balai Adat Teluk Kuantan.
Sekda  menyambut baik terbentuk dan di laksanaknnya pengukuhan pengurus FAPSEDU dan PKBI Kuansing. " Mudah-mudahan  saudara-saudara dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab  berikan dan dibebankan kepada saudara serta dapat memenuhi harapan seluruh masyarakat dalam rangka mensukseskan  program pembangunan kependudukan dan KB di kuansing,"ujar Sekda.
Sebab sebagaimana diketahui bersama ujarnya,masalah kependudukan yang dihadapi saat ini sangat kompleks dan  perlu penanganan yang komprehensif dan berkelanjutan. Hal ini sangat beralasan karena penduduk memiliki nilai strategis  dalam berbagai hal pembangunan.

" Penduduk merupakan modal dasar bagi pembangunan. Penduduk itu perlu diarah kan baik pertumbuhannya, penyebarannya, ekonominya bahkan keluarganya dengan tepat sesuai dengan arahan pembangunan itu sendiri,"ujarnya.

Menurut Sekda, berbicara tentang  kependudukan berarti bicara tentang semua aspek yang meliputi kelahiran atau vertilitas, kematian atau mortalitas dan migrasi atau perpindahan.   Dari ketiga unsur ini tentu nya tidak berdiri sendiri  tetapi terjadi interkoneksitas saling mempengaruhi, karena berbagai variabel yang saling terkait.
" Kependudukan bukan hanya bicara tentang pengendalian tapi juga menyangkut kualitas dan mobilitas. Program kependudukan dan KB merupakan program yang strategis bagi investasi pembangunan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat. Langkah-langkah kongkrit yang harus di lakukan sehingga mampu menekan angka kelahiran penduduk,'ujarnya.
Ditambahkan Sekda,   sesuai amanat UU Nomor  52 thn 2009 tentang perkembangan kependudukan da  pembangunan keluarga, peran kader dan institusi masyarakat  termasuk koalisi kependudukan, FAPSEDU dan PKBI sangat di butuhkan,sehingga program kependudukan dan KB  berjalan sesuai dgn harapan dalam menurunkan angka kelahiran dan  menekan lajunya pertumbuhan penduduk,meningkatkan kesehatan dan terwujudnya  keluarga kecil bahagia dan sejahtera.
" saya berharap kerja sama semua pihak  senantiasa terwujud dalam melakukan perubahan sekaligus menciptakan terobosan baru khususnya melalui pengurus koalisi kependudukan,FAPSEDU dan PKBI yg baru saja di kukuhkan,sebagai mitra pemerintah dalam menata kependudukan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.    Oleh karena itu Saya berharap organisasi ini bisa menjadi wahana indevenden untuk memantau,mengevaluasi memberikan  motipasi kepad a masyarakat  agar mau ber KB,memperkuat kerjasama antar umat beragama. ( isa)

Berita Lainnya

Index