Pucuk Rantau Usulkan 8 Prioritas Pembangunan

Pucuk Rantau Usulkan 8 Prioritas Pembangunan
Bupati Kuansing H Sukarmis saat memberikan sambutan pada acara Musrenbang disalah satu kecamatan. (


PUCUK RANTAU -Sebagai Kecamatan baru saja berumur lebih kurang 16 bulan, hasil pemekaran dari Kecamatan induk Kuantan Mudik,  masyarakat di Kecamatan Pucuk rantau mendambakan banyak pembangunan agar bisa sejajar dengan Kecamatan lainnya di Kuansing.

Pada acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang digelar Rabu (26/2/2014), di halaman Kantor Camat yang baru dibangun tahun 2013 lalu, masyarakat melalui Camat Pucuk Rantau, Budi Asrianto dalam sambutannya yang dibacakan didepan Bupati Sukarmis dan rombongan pejabat yang hadir menyampaikan 8 usulan prioritas untuk dibangun tahun 2015 mendatang.

Delapan usulan prioritas tersebut diantaranya, pembangunan jaringan listrik menuju beberapa desa mulai dari desa Pangkalan-Sungai Besar, Pangkalan-Muara Petai, Pangkalan-Setiang. " Tahun ini dapat dipastikan jaringan listrik akan dibangun mulai dari desa Pantai-Pangkalan, untuk itu tahun depan Kita berharap dibangun jaringan listrik menuju desa-desa yang ada di Pucuk rantau yang memang sudah lama mendambakan listrik PLN,"katanya. 

Selain itu bebernya, pembangunan ruas jalan kabupaten di Pucuk Rantau, diantaranya pembangunan  ruas jalan Muara Tobek-Pangkalan sepanjang 3 kilometer, Pangkalan-Muara Petai 2 kilometer, Ibul-Sungai Besar 3 kilometer.

Kemudian kelanjutan pembangunan jembatan menuju akses Muara Tiu-Muara Petai yang saat ini baru dibangun tiang," Saat ini baru dibangun tiang, Kita berharap pembangunan jembatan ini bisa selesai secepatnya,"katanya.

Seterusnya ujar Camat, pembangunan pasar kecamatan didesa Pangkalan sebagai ibukota Kecamatan. Pembangunan lima kantor desa diantaranya didesa Ibul, Kampung baru Ibul, Sungai Besar, Pangkalan, dan Sungkai. ," Lima desa ini kita usulkan agar kantor kades dibangun tahun depan,"katanya.

Sementara untuk rumah layak huni ( RLH ), setiap desa di Pucuk Rantau mengusulkan agar dibangun 2 unit RLH disetiap desa. Untuk dibidang pendidikan, Kecamatan Pucuk Rantau mengusulkan agar dibangun UPTD pendidikan, mengingat lahan sudah dihibahkan oleh masyarakat seluas 1.200 meter persegi tepatnya diperbatasan antara desa Pangkalan-Ibul. 

Kemudian pembangunan RKB sekolah diantaranya RKB SD di Sungai Besar, SD Muara Petai, SD Sungkai, dan usulan pembangunan laboratorium IPA di SMP Ibul dan SMP Pangkalan dan Sungkai serta pembangunan pagar SD didesa Pangkalan, Setiang dan Sungkai.

"Itulah 8 prioritas yang kita usulkan dan telah kita sampaikan langsung pada acara Musrenbang yang dihadiri langsung pak pak Bupati,"kata Budi. ( isa )

Berita Lainnya

Index