Ilustrasi (Foto: Thetechblock)

Pengamat: Mulai Sekarang Pengguna HP Waspadai SMS Spoofing

Senin,17 Juni 2013 - 05:43:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA - SMS Spoofing, yang pernah diberitakan sebelumnya mengakibatkan Antasari Azhar ditetapkan sebagai tersangka otak pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen. SMS Spoofing tidak hanya 'menyerang' kalangan tertentu yang bisa menjadi korban, namun juga setiap pelanggan operator telekomunikasi.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkap, ada teknologi yang memungkinkan seseorang mengirimkan SMS dari ponsel seseorang tanpa diketahui oleh pemilik nomor tersebut. Teknik mengirimkan SMS dengan mengatasnamakan orang lain ini sering disebut dengan istilah Spoofing atau ada juga yang menyebut teknik shadow.

Siapa pun bisa menjadi korban, asalkan ada niatan si pelaku yang didasari atas sebuah kepentingan. "Yang bahaya sih ke penerimanya. Operator hanya bertanggungjawab untuk pembinaan usernya," ungkap Praktisi IT, Michael S. Sunggiardi kepada Okezone melalui pesan singkat, Senin (17/6/2013).

Ia mengatakan, SMS Spoofing ini hampir serupa dengan SPAM. Hanya saja, diketahui bahwa SPAM merupakan pesan yang dikirimkan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Sedangkan Spoofing, memungkinkan seseorang untuk memfitnah korban, padahal si korban tidak mengetahui kapan ia mengirimkan pesan singkat tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, apapun bentuk informasi yang berkaitan dengan pesan yang dikatakan orang lain, maka orang tersebut harus mengonfirmasi lebih lanjut. Misalnya, untuk menghindari dari aksi-aksi penipuan dalam bentuk informasi hadiah uang tunai atau barang atau apapun, menurutnya langkah terbaik yang dilakukan ialah jangan langsung percaya mengenai isi SMS. "Crosscheck ke operator," imbuhnya. ( ozc/ktc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT

Teknologi

Bisakah Berobat Lewat Media Sosial?

Senin,15 Oktober 2012
Teknologi

Penting! Jangan Lakukan 7 Hal Ini di Toilet Pesawat

Rabu,18 September 2013