Sejumlah mesin dompeng yang ditertibkan petugas belum lama ini. ( ktc )

Aktifitas PETI, di Hulu Mereda di Hilir Masih Marak

Senin,03 Juni 2013 - 08:49:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Pasca penertiban aktifitas penambangan emas tanpa izin( PETI ) yang dipimpin langsung oleh Bupati H Sukarmis di kecamatan Hulu Kuantan belum lama ini, aktifitas PETI di bagian hulu sungai Kuantan seperti di kecamatan Hulu Kuantan mulai mereda.Bahkan di kecamatan ini tidak terdapat lagi aktifitas PETI. Tampaknya mereka tiarap dan tidak berani mengambil resiko  melakuan aktifitas PETI.
Namun di bagian hilir Sungai Kuantan, seperti kecamatan Cerenti kecamatan Benai,  Inuman,  Kecamatan Kuantan Tengah dan Sentajo Raya hingga kini kegiatan aktifitas PETI  di wilayah tersebut terus berlanjut bahkan dari hari kehari jumlah penambang makin bertambah. Begitu juga di wilayah Singingi dan Singingi Hilir termasuk kecamatan Gunung Toar dan Kecamatan Kuantan Mudik tetap saja masih semarak seakan akan warga tidak takut resiko yang akan diterima jika tim penertiban PETI beraksi. 
Ketua Tim terpadu Pemberantasan Aktipitas Peti Kuansing Drs.H. Erlianto.Msi saat di hubungi waratwan  melalui via selulernya Senen ( 3/6 ) kemaren, mengakui dari laporan sejumlah tim, aktifitas PETI  di Kecamatan Hulu Kuantan tepatnya di bagian hulu sungai kuantan sudah mulai mereda, tetapi meskipun sudah mereda, kondisi tersebut tetap akan dipantau mereka secara terus menerus 
 
Diharapkannya, meredanya aktifitas yang terlarang dan merusak lingkungan tersebut hendaknya didorong oleh kesadaran dan ketaatan akan peraturan perundang undangan oleh masyarakat setempat tentang bahaya yang dilakukan sebelumnya.

," Harapan kita masyarakat tersebut tidak terpaksa berhenti tetapi karena kesadaran, namun Terpaksa atau karena sadar  yang penting berhenti, kalau tidak berhenti tetap akan ditindak," ujarnya

Selanjutnya ujar Erlianto yang juga  Asisten I Setda  Kuansing tersebut  juga membenarkan, meskipun bagian hulu sungai kuantan sudah mulai mereda namun di bagian Kecamatan Hilirnya seperti Kecamatan cerenti Inuman Kecamatan Kuantan Hilir Kecamatan Kuantan Hilir Seberang kecamatan Pangean,  Benai , Sentajo Raya dan kecamatan Kuantan Tengah masih saja melakukan kegiatan terlarang tersebut. "  Malam  makin bertambah,"akunya.

Menurutnya, bagi para pelaku dan  oknum yang melakukan PETI  jika tertangkap diharapkan tidak menyesal karena pemerintah dan Tim Terpadu  akan terus melakukan penertiban sampai tuntas. 

" Oleh sebab itu jika warga masyarakat masih ada yang melakukan PETI sudah seharusnya untuk berhenti,"imbaunya.

Terkait  masih maraknya penambangan PETI  di beberapa wilayah fihaknya  akan berkonsultasi dengan anggota  tim lainnya untuk mengambil langkah langkah selanjutnya.  ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT