Berlangsung Aman, 498 Kafilah Ramaikan MTQ Kuansing XII di Hulu Kuantan

Berlangsung Aman, 498 Kafilah Ramaikan MTQ Kuansing XII di Hulu Kuantan
Bupati Sukarmis dan unsur Muspida saat menghadiri pembukaan MTQ Kuansing ke-XII. ( isa )
TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing  H Sukarmis, Kamis ( 23/5 ) sore membuka MTQ Kabupaten Kuansing ke-XII tahun 2013 di halaman gedung serba guna kecamatan Hulu Kuantan desa Lubuk Ambacang. Kekhawatiran terjadinya gangguan keamanan selama pembukaan ekses dari penertibab PETI beberapa waktu lalu tidak terjadi, acara pembukaan berlangsung meriah dan aman hingga berakhir.
Pembukaan MTQ dihadiri anggota DPRD Kuansing Andi Cahyadi, Wabup Kuansing  Drs H Zulkifli, M.Si, Kajari Teluk Kuantan Maryono, SH, MH, Dandim Inhu Letkol ( Inf ) Surya Arfan Damanik, Wakapolres Kuansing Kompol Haldun, Kakan Kemenag Kuansing Alfianis, Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd, Asisten, Kadis, Kaban, para Camat, kafilah dan ribuan warga masyarakat yang turut menyaksikan acara pembukaan.
Pembukaan MTQ ke-XII diawali pelaksanaan pawai ta'aruf yang diikuti 15 kecamatan masing-masing Hulu Kuantan, Kuantan  Mudik, Pucuk Rantau, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Sentajo Raya, Benai, Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman, Cerenti, Singingi dan Singingi Hilir. Masing kecamatan yang mengikuti pawai Ta'aruf menampilkan pesona dan kekayaan tradisi keagamaan dan budaya serta adat istiadat yang ada dimasing-masing kecamatan.
Setelah itu dilanjutkan dengan pengukuhan dewan juri dan dewan hakim yang akan bertugas mendukung pelaksanaan sejumlah cabang yang akan dipertandingkan di ajang MTQ Kabupaten Kuansing ke XII ini .
Dalam sambutannya Bupati Sukarmis mengingatkan, penanaman nilai-nilai keagamaan dalam diri masing-masing akan menciptakan kedamaian. Saat ini warga yang memiliki iman dan takwa diperlukan dalam rangka mendukung program pembangunan.
Namun mewujudkan warga masyarakat yang memiliki keimanan dan ketaqwaan tersebut tidak aka tercapai dengan niat semata, melainkan dengan tekad yang kuat untuk mengiplementasikannya, salah satunya melalui pelaksanaan  MTQ.
Pemkab  tegasnya akan terus mendukung kebijakan-kebijakan program pengembangan bidang keagamaan ditengah-tengah masyarakat. Bahkan Juni mendatang akan kembali dilakukan wisuda MDA yang merupakan salah satu program bidang keagamaan yang dilakukan Pemkab.
Sementara itu Camat Hulu Kuantan, Drs Sukarman, MM menyatakan, pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan dari tanggal 23 hingga 26 mei mendatang. Dalam ajang MTQ Kabupaten Kuansing ke-XII kali ini katanya akan dipertandingkan sejumlah cabang, seperti Tilawah, Tartil, Fahmil, Syharil, dan Khattil serta menulis menulis isi kandungan Al - Quran. Untuk lomba Tilawah dipusatkan di Astaka  di halaman gedung serbaguna, Tartil di los Pasar Lubuk Ambacang, Fahmil di SMP Negri 1 Hulu Kuantan, Syahril di Kantor Camat Hulu Kuantan dan menulis isi kandungan Al-Quran di SD Negeri 002 Lubuk Ambacang.
Mengenai peserta MTQ kafilah kali ini ujarnya, dari laporan masing-masing LPTQ 15 kecamatan se-Kuansing sebanyak 498 orang. Mereka diinapkan di 30 rumah penduduk yang disewa menjadi pemondokan, sedangkan untuk dewan juri dan dewan hakim di 3 rumah penduduk.

Dalam kesempatan tersebut, Sukarman yang juga Ketua Panitia Pelaksana MTQ Kabupaten tahun 2013 ini menyatakan, kebutuhan dana yang diperkirakan semula sebanyak Rp 505 Juta, hingga pelaksanaan terealisasi sebesar Rp. 473 Juta. Sumbangan dana hibah dari Pemkab Kuansing Rp 300 Juta dan sisanya dari sumbangan dan donatur. ( isa  )

Berita Lainnya

Index