Tapir yang diselamatkan warga desa Lubuk Ambacang

Terluka, Tapir Jantan Diselamatkan Warga Lubuk Ambacang

Senin,14 November 2021 - 11:55:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN - Seekor Tapir jantan diselamatkan warga desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kuansing Riau.

Kondisi hewan langka ini cukup miris karena terdapat luka dibagian mata. Disinyalir akibat luka dibagian mata yang dideritanya, hewan yang dilindungi ini tidak dapat bergerak dikomunitasnya sehingga berkeliaran disekitar perkampungan.

Untuk diketahui desa Lubuk Ambacang berada ditepi hutan Lindung yang menjadi kawasan satwa ini.

" Diselamatkan warga pada hari Jumat (12/11/21),"kata Kepala Desa Lubuk Ambacang, Iid Siswandi, Sabtu (13/11/2021) saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, Tapir tersebut sebelumnya acap kali terlihat warga disekitar lapangan bola Bukit Gambir Desa Lubuk Ambacang.

" Jumat sore masyarakat menyelamatkan Tapir. Kondisinya mengalami luka dibagian mata. Mungkin karena terluka, makanya hewan ini jinak," kata Iid Siswandi.

Lanjutnya, sebelum diselamatkan warga, Tapir tersebut terlihat santai dan tidak terganggu okedatangan warga yang ingin menyaksikan hewan langkah tersebut.

"Iya. Karena hewan ini dalam terluka, maka masyarakat bersama-sama berinisiatif menyelamatkannya. Saat ini, tim dari BBKSDA Riau sudah datang," kata Iid Siswandi.

Keberadaan Tapir tersebut menjadi tontonan warga setempat, termasuk tempat berfoto.

Menurut Ar Azmi yang menjabat sebagai Kepala Resort Bukit Rimbang Bukit Baling, perwakilan BBKSDA Provinsi Riau menyebutkan bahwa pihaknya diminta untuk meninjau ke lokasi oleh BBKSDA Riau.

"Iya. Tadi kami sampai. Saat ini kami menunggu tim dokter dari dari Klinik Satwa Transit BBKSDA Riau. Malam ini tiba. Rencananya Tapir ini akan dievakuasi ke Pekanbaru," kata Azmi.( rls )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT