Sampah plastik

Kurangi Sampah Plastik, MM Pinta Tas Dan Pembungkus Gunakan Bahan Alami

Kamis,28 April 2021 - 02:55:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Warga Kuansing diminta terus memulai kampanye dan ikhtiar mengurangi penggunaan kantong plastik demi lingkungan yang sehat dan bersih dimasa mendatang.

" Coba lihat sampah plastik yang dibuang ditempat sampah walau lama tidak hancur ,'kata Mardianto Manan ( MM ).

" Kalau termakan ternak, ternak jadi kurus. Itu bukti sampah plastik tidak teruaii baik dialam maupun dalam tubuh hewan,"kata calon Doktor Lingkungan dari Universitas Riau ini.

Ia menilai pemakaian kantong plastik sangat tinggi dimana-mana termasuk di Kuansing. Ini perlu dikurangi terus menerus sampai berkurang drastis.

Upaya sederhana katanya dapat dilakukan dengan peralihan penggunaan tas belanja dari kantong asoi atau palstik ke tas dari bahan rotan atau pandan seperti tradisi masyarakat Kuansing dimasa lalu.

" Jadi selain mengurangi sampah plastik dirumah. Usaha kecil pembuatan tas belanja dari bahan pandan atau rotan omak-omak Kiita di Kampung kembali hidup, ekonomi mereka juga bergerak,"ujarnya.

Lalu pemakaian daun pisang atau daun lain untuk bungkusan belanja dipasar dan kedai yang bisa digunakan menggantikan plastik

" Seperti bungkus untuk kue, sayur mayur, cabe dan sejenis. Yang tidak bisa mengunakan daun pisang baru plastik seperti ikan basah dan daging ,"ujarnya.

" Petani-petani didesa yang menanam pohon pisang juga menerima efek positifnya,"lanjutnya.

Kesadaran wagga Kuansing mengurangi penggunaan kantong plastik harus dibangkitkan terus menerus tanpa kenal lelah. Karena tumpukan plastik semakin banyak.

" Coba gali saluran atau sungai kecil , banyak plastik yang tidak terurai. Ini akan mencemari air dan tanah, merusak lingkungan,"ujarnya.

Pemerintah daerah juga demikian. Menurutnya mereka perlu mengeluarkan kebijakan pengurangan kantong plastik bagi pedagang dan warga baik dipasar, swalayan, kedai dan kios.

Kepada warga Ia meminta untuk turut aktif pula mengurangi sampah plastik dengan cara lain seperti membakar.

" Kalau terpaksa memakai kantong plastik seperti untuk membawa daging cepat dibakar jangan dibuang di sungai, selokan dan tanah pekarangan dan tempat lain,"ujarnya.

" Kita semua harus mendukung lingkungan Kita bebas dari sampah plastik,"pungkas anggota DPRD Riau ini.( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT