PETI yang marak di sungai Kuantan. ( isa )

Masyarakat-Upika Cerenti dan Inuman Usir Puluhan Kapal PETI

Selasa,19 Maret 2013 - 07:12:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...


TELUK KUANTAN  - Puluhan masyarakat bersama Camat dan Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Cerenti mengusir puluhan kapal yang selama ini beraktivitas melakukan penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Pulau Bayur, Kecamatan Cerenti, Senin (18/3) lalu .
Pengusiran puluhan kapal PETI ini berawal dari kedatangan sejumlah kaum hawa ke Kantor Camat Cerenti. Kaum ibu-ibu dan remaja putri ini menuntut supaya Pemkab dan Polres Kuansing menertibkan puluhan kapal yang melakukan aktivitas tambang emas ilegal di desa Pulau Bayur, karena dinilai sudah sangat meresahkan masyarakat.
"Itu, setelah itu kita baru bersama masyarakat dan polisi mengusir kapal-kapal PETI yang ada di Cerenti," kata Camat Cerenti, Drs Martono saat dikonfirmasi waratwans, Selasa (19/3) kemaren terkait upaya penertiban PETI di Cerenti.
Dari razia yang dilakukan itu, pihaknya tidak menangkap para pelaku PETI, sehingga hanya mengusir kapal-kapal yang beroperasi di Sungai Kuantan, tepatnya di Desa Pulau Bayur tersebut.
Dari informasi yang dihimpun , ada sekitar 25 kapal PETI yang beroperasi di Desa Pulau Bayur itu. Kendati sudah diusir, namun Selasa (19/3) , aktivitas PETI kembali marak.
"Masih banyak, sekarang hampir 30 kapal. Jadi, percuma mengusir mereka kemarin," kata Nedi, salah seorang warga Pulau Bayur kepada wartawan.
Menurut Nedi, pelarangan melakukan aktivitas PETI sudah disampaikan pemerintah desa melalui surat resmi dengan Nomor 30/545/XI/2012 Tanggal 6 November 2012. Surat tersebut, ungkapnya menegaskan kegiatan tambang emas yang dilakukan sangat berdampak, mengganggu, atau merusak lingkungan bahkan lokasi rumah ibadah. Oleh karena itu  diminta, aparat terkait untuk menghentikan kegiatan tersebut dengan segera. "Itu surat yang diedarkan desa, namun kan para pelaku PETI tetap saja tidak menghiraukan surat itu," katanya.
Selaku warga, ia berharap adanya dukungan dari Polres Kuansing untuk membantu menertibkan PETI di Cerenti. Selama ini ia menilai, sangat jarang dilakukannya razia terhadap para pelaku PETI di Cerenti.
Sementara itu, Camat Inuman, Mastur Ismail beserta warga juga melakukan razia, Senin kemarin. Dari razia yang dilakukan pihaknya bersama Kapolsek Cerenti, pihaknya berhasil menenggelamkan empat unit kapal PETI di Sungai Kuantan.
"Ada kemarin empat kapal yang kita razia, ada yang kita tenggelamkan mesinnya dan ada yang kita hanyutkan. Ini kita lakukan, karena kita memang tidak main-main dengan aktivitas ilegal ini," kata Mastur. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT