Penerimaan CPNS Belum Jelas

Minggu,08 September 2012 - 07:56:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - kuansingterkini.com, Minat menjadi PNS masih sangat besar di Kuansing, karena itu lowongan penerimaan CPNS selalu ditunggu oleh ribuan pelamar. Sayangnya hingga saat ini penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) di  lingkungan Pemkab Kuansing belum jelas, walaupun sejumlah daerah dan instansi pemerintah sudah ada yang mengumumkan bakal ada penerimaan CPNS.
" Sampai saat ini belum ada informasi dari Kementrian PAN dan Reformasi Birokrasi terkait adanya jatah Pemkab Kuansing untuk penerimaan CPNS tahun ini,"ujar Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd di ruang kerjanya, Kamis ( 6/9 ) lalu.


Biasanya kalau ada penerimaan CPNS untuk Kuansing ujar Muharman, sudah diberitahu sejak awal tahun. Sedangkan sampai saat ini, belum ada informasi tentang penerimaan CPNS untuk Kuansing, karena itu menurutnya peluang penerimaan CPNS tahun ini cukup kecil sekali. Sebab proses untuk penerimaan CPNS juga cukup panjang.


Pertama katanya, Kementrian PAN dan RB mengirimkan informasi kepada Pemkab tentang adanya jatah Pemkab 400 orang. Kemudian Pemkab diminta untuk mengajukan formasi yang dibutuhkan daerah disertai dengan analisi jumlah pegawai dan sebarannya di seluruh Satker. Analisis tersebut untuk memberi penguatan terhadap formasi yang diusulkan. Misalnya untuk tenaga guru berapa orang, tenaga kesehatan berapa orang dan tenaga strategis lainnya berapa orang. 


Masing-masing formasi untuk tenaga guru, kesehatan dan strategis itu pun diperjelas lagi. Misalnya untuk guru, guru mata pelajaran apa saja yang akan diterima, begitu juga dengan tenaga kesehatanb serta tenaga strategis. Dari hasil analisis jumlah pegawai yang ada serta spesialisasinya, akan diketahui bahwa uuslan Pemkab memang benar layak, karena masing-masing formasi masih sangat dibutuhkan.
" Kemudian atas usulan Pemkab Kuansing itu, Kementrian PAN kemudian memberikan persetujuan. Setelah adanya persetujuan dari Menpan dan RB barulah bisa dilaksanakan pengumuman penerimaan CPNS,'ujarnya.

Sekali lagi sebutnya, sampai saat ini Pemkab Kuansing belum ada menerima informasi mengenai jatah dari karena itu dirinya cukup pesimis bahwa akan ada penerimaan CPNS untuk tahun ini. Walaupun disadarinya, saat ini cukup banyak warga masyarakat yang mencari informasi kepada Pemkab mengenai adanya penerimaan CPNS tersebut.

Menurutnya, jika penerimaan CPNS dari jalur umum tersebut belum ada kejelasan sampai saat ini, berbeda dengan penerimaan CPNS Honorer K2. Honorer K2 sesuai rencana akan mengikuti test tertulis dan ters lainnya pada bulan Oktober ini. Namun demikian dirinya juga belum mendapatkan informasi mengenai informasi yang pasti mengenai jadwal pelaksanaan PON tersebut. (  )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT