Komisi A Dukung Rencana Penertiban Kebun di Kawasan HPT dan Hutlin, Para Cukong Mulai Cemas

Komisi A Dukung Rencana Penertiban Kebun di Kawasan HPT dan Hutlin, Para Cukong Mulai Cemas
Musliadi, S.Ag

TELUK KUANTAN - Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kuantan Singingi, Musliadi, S.Ag secara tegas menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui tim terpadu untuk segera melakukan penertiban dengan cara menggusur seluruh kebun yang berada di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT), Hutan Lindung (Hutlin) dan hutan lainnya.

"Kita sangat mendukung upaya yang akan dilakukan tim terpadu, karena kawasan hutan perlu diselamatkan. Saat ini sudah banyak yang beralih fungsi seperti di HPT Sumpu, Pangkalan Indarung, HPT Teso Bulo, HPH Hutani Sola Lestari di Logas Tanah Darat,"kata Musliadi kepada wartawan, Senin (2/2/2015).

Terkait rencana Pemkab yang akan membumi hanguskan kelapa sawit dan tanaman lainnya yang berada dikawasan hutan yang dilarang keberadan tanaman perkebunan ini menurut Musliadi sudah membuat penguasa atau pemilik kebun di atas lahan tersebut  cemas.

"Mau rencanakan saja untuk menggusur kebun-kebun di kawasan HPT ini para pemilik sudah mulai cemas," sambungnya.

Lantas, apakah Musliadi akan mundur jika dirangkul para pemilik kebun di HPT ini? Dengan tegas, dirinya akan terus mendukung penertiban kawasan hutan ini. "Secara pribadi kita akan tetap konsisten mendukung upaya yang akan dilakukan oleh Tim Terpadu. Apalagi kita tidak memiliki kepentingan apa-apa di atas lahan ini," ujar Musliadi.

Hanya saja, menurut Musliadi, di lapangan nanti tim terpadu tentu juga harus melihat secara jernih permasalahan ini. Pasalnya, perlu diwaspadai para cukong alias para pemodal ini akan berlindung dibalik koperasi.
 
"Kalau memang lahan yang mereka garap tersebut berada di kawasan HPT harus disikat  habis. Jangan tanggung-tanggung. Kalau di Pelalawan mereka bisa menertibkan, kenapa kita tidak," ujar Musliadi heran. (Utr/Isa)

Berita Lainnya

Index