Akibat dinding waduk penghijauan jebol, air melimpah ke ruas jalan provinsi yang ada di sekitar desa

Dinding Waduk Penghijauan Pangean Runtuh, Ratusan Rumah Warga Terendam

Senin,29 Oktober 2012 - 08:34:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

 

TELUK KUANTAN – Akibat hujan deras dan banjir kiriman dari desa Rambahan dan desa Perhentian Luas Kecamatan Logas Tanah Darat yang mengalir ke batang Pangean membuat dinding waduk Penghijauan di desa Pasar Baru Pangean. 1 Rumah warga rusak berat diterjang air dan ratusan rumah warga dan jalan provinsi yang ada disekitar waduk di desa Pasar Baru Pangean terendam banjir.

Salah satu rumah warga yang rusak berat tersebut berada didekat kedai sup tunjang yang berada di penurunan tak jauh dari Panti Asuhan Darusallam. Menurut staf kantor Camat Pangean, Beni Miprasadi waduk Batang Pangean yang jebol itu berada di sebalah kiri pintu waduk.

Menurutnya kalau sempat pintu waduk yang jebol kerugian akan lebih besar. Untung saja tanah penahan air yang jebol, dari informasi hal tersebut akibat dinding tanah tak mampu menahan debit air baniir kiriman dari desa Rambahan dan desa Perhentian Luas kecamatan Logas TanahDarat yang telah terjadi sebelumnya.

Akibat air waduk yang keluar seiring dinding tanah yang jebol,secara otomatis merendam ratusan rumah warga desa Pasar Baru yang ada di lokasi kejadian.  

Sementara itu Koordinator Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) Dinas Sosial dan Tenaga Kerja a Kuansing, Zul Musfar yang dihubungi, menyatakan dari laporan Camat Pangean, Novrion setidaknya ada 120 rumah yang terendam akibat wadu Penghijauan ini jebol. Walau ada kerusakan namun sebagian rumah tersebut terendam akibat banjir ini.

Kejadian dinding waduk yang jebol di Pasar Baru Pangean tersebut pada pukul 04. 00 subuh Senin pagi. Namun dari laporan Camat setempat tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Namun dirinya tetap meminta warga setempat untuk tetap waspada mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Pasalnya curah hujan semakin tinggi. Dari informasi terakhir sebutnya, daerah Kecamatan Kuantan Hilir Seberang juga mulai banyak yang terendam banjir. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT