Tim Fire Fighter PT RAPP saat beraksi usai Hari Rimbawan di Kompelks Pemda Kuansing. ( ktc )

Sempena Hari Rimbawan, Tim Fire Fighter RAPP Beraksi Padamkan Api

Kamis,26 Maret 2014 - 04:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

i TELUK KUANTAN – PT Riau Andalan Pulp and Paper ( RAPP ) ikut serta pada peringatan Hari Rimbawan ke-31 tingkat kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) dilapangan upacara Kompleks Pemda Kuansing yang dipimpin Bupati Kuansing H Sukarmis yang diwakili Sekda Kuansing, Drs H Muharman, M.Pd, Rabu ( 26/3 ) kemaren. Hadir unsure Muspida Kuansing, Asisten, Kadis, Kaban dan ribuan pegawai.

Sementara dari PT RAPP hadir mewakili manajemen masing-masing Stakeholder Relations (SHR) Manajer untuk wilayah Kuansing, Edy Yusuf, Estate Manager Baserah, Affandi, Estate Manager Cerenti, Rudiyanto, Estate Manager Logas, Mulyadi Nursyam, perwakilan Estate Tesso, Maswir, Askep Protection Estate Baserah, Ramadhan, SHR Officer, Eka Haris, dan sejumlah tim dari RAPP, baik dari Pangkalan Kerinci dan Estate di Kuansing.

Dalam kesempatan ini, mereka  mengerahkan 30 orang tim pemadaman kebakarannya (Fire Fighter) yang berasal dari Estate-estate RAPP di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, antara lain Estate Cerenti, Baserah, Logas. Mereka memperagakan kesiapan dalam memadamkan api di hutan dan lahan. Selain tim pemadam RAPP, juga ikut aksi dari tim pemadam Polhut dan Manggala agni 15 orang dan Satpol PP sebanyak 10 orang.

Askep Forest Protection RAPP Estate Baserah, Ramadhan menjelaskan tim fire fighter RAPP didukung oleh peralatan dan sejumlah armada lapangan. "Kekuatan tim pemadam kita sesuai standar pemadam untuk hutan, kali ini kita membawa 1 unit pompa mini strike dan Mark III, 3 unit mobil patroli, 1 mobil tangki pemadam dan selang pemadam 20 rol atau sepanjang 600 meter", jelas Ramadhan.

Selain itu, ujarnya tim fire fighter juga dibantu oleh kekuatan udara, yakni helikopter untuk patroli dan water bombing (pemadaman melalui bom air dari udara). “Tim fire fighter RAPP juga terus dilatih sebanyak 4 kali setahun agar kemampuan tim tersebut tetap terjaga dan meningkat,”ujarnya.

Selain memperagakan kesiapan pemadamam lahan, dalam kesempatan tersebut RAPP juga menyumbangkan 2000 bibit pohon eucalyptus dan 50 bibit pohon kayu jalur. Edy Yusuf, SHR Manajer RAPP untuk wilayah Kuansing mengatakan partisipasi RAPP dalam hari rimbawan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam melaksanakan pengelolaan hutan bertanggung jawab, menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kuansing. RAPP siap mendukung program Bupati dan Dinas Kehutanan Kabupaten Kuansing.

"Ini komitmen kita terhadap hutan dan lingkungan, sesuai juga dengan himbauan Bupati Kuansing tentang penanggulangan karhutla dan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab," kata Edy Yusuf.

Sedangkan Kepala Dinas Kehutanan Kuansing, DR. Agus Mandar, M.Si mengatakan melalui peringatan hari rimbawan ini, kita terus menekankan pengelolaan kehutanan yang terkonsep dan melibatkan semua pemangku kepentingan baik itu di pemerintah maupun perusahaan. "Saya sangat mengapresiasi kesiapan dari RAPP dalam penanggulangan karhutla ini, karena telah memiliki sistem dan SOP yang jelas, hendaknya ini bisa menjadi model bagi seluruh perusahaan lainnya yang beroperasi di kuansing," kata Agus Mandar. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT