Disesalkan Saat Musim Panas dan Rawan Karhutla, Mobil Damkar di Kecamatan Ditarik

Disesalkan Saat Musim Panas dan Rawan Karhutla, Mobil Damkar di Kecamatan Ditarik
Karlahut di Dumai. Fhoto Manggala Agni

TELUK KUANTAN - Warga menyesakan mobil pemadam kebakaran ( Damkar ) yang terdapat pada Pos Koto Baru kecamatan Singingi Hilir sudah ditarik ke Teluk Kuantan.

Padahal saat ini sedang musim panas yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan ( Kadhutla ), gedung dan rumah.

" Seharusnya saat musim panas ekstrim saat ini mobil Damkar tetap di Pos Koto Baru. Ini malah sudah kosong atau ditarik ke Teluk Kuantan,"kata anggota DPRD Kuansing, H Sutoyo belum lama ini.

Kata wakil rakyat Dapil Singingi-Singingi Hilir itu banyak warga disana menyesalkan mempertanyakan kosongnya mobil Damkar di Pos Koto Baru ke dirinya.  Sebab warga khawatir terjadi kebakaran sementara mobil Damkar jauh di Teluk Kuantan.

" Kalau mobil Damkar stand by di Pos Koto Baru mereka akan lebih cepat sampai Tkp dibandingkan dari Teluk Kuantan,"katanya

Sementara Aden,  warga Koto Baru juga mengiyakan mobil Damkar sudah tidak ada di Pos Koto Baru.

" Sudah empat bulan kosong,"katanya.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar Kuansing, Shanti Evi Dimenti  mengaku mobil Damkar Koto Baru sudah ditarik.

" Untuk sementara pelayanan Damkar dan penyelamatan pada wilayah tugas Pos Jaga Damkar Singingi Hilir digeser ke Pos Induk Wilayah Manajemen Kebakaran (Pos WMK),"katanya, Rabu (19/4/23).

Alasannya kata Shanti karena masih belum tercukupi jumlah personil yang memiliki kemampuan sebagai operator mobil Damkar yang representatif untuk kebutuhan pelayanan dari 1  pos dalam 24 jam.

" Kebutuhan personil sebagaimana dimaksud masih dipersiapkan, sehingga jika kapabilitas personil sudah terpenuhi, Pos Jaga Damkar tersebut akan diaktifkan kembali,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index