Hardi Yacub saat di lokasi perkemahan besar Pramuka se-Kuansing. ( ktc )

Gerakan Pramuka Atasi Generasi dari Pengaruh Narkoba

Senin,15 Mei 2016 - 10:50:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PANGEAN – Bertempat di bumi perkemahan Pauh Angit Kecamatan Pangean sejak tanggal 13 hingga 15 mei 2016, ketua Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Kuantan Singingi membuka acara  perkemahan besar pramuka Kwartir se-Kuansing.

 Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Kuansing, H. Hardi Jacub SP.M.Si mengatakan melalui kegatan pramuka, dapat menjauhkan para generasi muda dari Narkoba. Ditambahkan Hardi,  dalam upaya mencapai tujuan gerakan Pramuka, maka diselenggarakan pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan – kegiatan yang menarik, sehat dan berguna bagi kehidupan anak - anak, remaja dan pemuda.

Segala bentuk kegiatan kepramukaan tersebut dilaksanakan atas landasan prinsip – prinsip dasar dan metodik kepramukaan, dimana sasaran akhirnya adalah pembinaan dan pengembangan watak serta pembinaan mental. " Pprinsip dasar dalam gerakan pramuka bersumber pada kehidupan kodrat anak-anak, remaja dan pemuda yang sehari – hari dapat  digunakan sebagai alat pendidikan  dalam mencapai tujuan gerakan pramuka untuk masa – masa mendatang,"ujarnya saat membuka perkemahan besar tersebut, (13/5).

Ditambahkan Hardi, berdasarkan fungsinya, gerakan Pramuka berfungsi sebagai pendidikan diluar sekolah dan diluar keluarga serta sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dan metodik kepramukaan serta sistem among, sehingga tercapai apa yang terkandung dalam tri satya dan dasa darma pramuka didalam kehidupan setiap anggota pramuka.

" Guna mendukung dan mencapai tujuan dimaksud, saat ini gerakan pramuka di kabupaten Kuantan Singingi,  berusaha untuk menjadikan gerakan pramuka sebagai pioner dan motor penggerak pembinaan generasi muda. Kwartir secara berkelanjutan akan tetap membina adik – adik anggota pramuka yang berada di gugus depan. untuk itu, kepada semua pimpinan gudep, semua pembina gudep yang ada di kwartir ranting Saya tegaskan sekali lagi untuk terus berbenah dan kembali mengaktifkan kegiatan dan latihan pramuka di masing – masing gudepnya. serta menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan agar program-program gerakan pramuka Kuansing bisa tercapai."ujar Hardi.

Untuk itu Hardi mengajak semua pengurus Kwarir meluangkan dan memberikan sedikit waktu membina adik–adik yang ada di tiap–tiap Gudep, demi masa depan mereka sebagai generasi muda dan sebagai generasi penerus bangsa

" Sehingga adik-adik yang kita cintai terhindar dari pergaulan bebas, narkoba dan kenakalan remaja. Jika tidak kita mulai dari sekarang, kapan lagi kegiatan kepramukaan ini akan berkembang di Kuansing ini,"cetusnya.( yus )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT