FO Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kuansing. ( ktc )

Meningkat, Tiap Hari Dukcapil Terima 200 Permohonan Pembuatan Akte Kelahiran

Jumat,05 Juni 2014 - 11:11:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Setiap hari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Dukcapil ) Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) menerima 200 permohonan pembuatan akte kelahiran gratis dari warga masyarakat.
Sementara peralatan dari Dukcapil Kuansing saat ini belum dapat memproses sepenuhnya permintaan dari masyarakat tersebut. Karena rata-rata kemampuan Dukcapil dalam memproses pembuatan gratis tersebut hanya 50 per hari.
" Memang cukup banyak rata-rata 200 buah perhari , sementara kemampuan Kita hanya 50 per hari,"ujar Kasubid Pendaftaran Penduduk Dukcapil Kuansing, Drs Sony Septrison yang ditanya wartawan, Rabu ( 4/6/2014 ) kemaren di kantornya.
Peningkatan pembuatan akte kelahiran ujarnya, juga didorong oleh masuknya musim tahun ajaran baru disetiap level pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi." Rata-rata siswa yang baru lulus itu mengurus akte kelahiran,"ujarnya.
Menyikapi hal ini ujarnya Dukcapil Kuansing berupaya bekerja  maksimal untuk melayani warga masyarakat. Sementara agar warga tidak bolak balik dalam mengurus akte kelahiran ini, Dukcapil minta pengurus untuk mencermati dengan seksama seluruh persyaratan yang harus dilengkapi. " Karena kalau tidak lengkap tidak dilayani, maka yang susah pengurus sendiri,"ujarnya.
Sementara terkait pembenahan layanan pengurusan akte kelahira, Kadis Dukcapil Kuansing, Drs H Syoffaizal, M.Si ditempat yang sama berupaya memperbaiki sistem layanan. " Kita akan membahas sistem pelayanan yang lebih baik lagi,"ujarnya.
Upaya-upaya yang akan dilakukan ujarnya seperti memisahkan loket pendaftaran, pemeriksan berkas dan pengambilan. "Jadi kalau berkas yang sudah lengkap baru diteruskan ke bagian proses pembuatan, jika tidak lengkap dikembalikan, jadi warga sudah tahu persyaratannya tidak lengkap,"ujarnya.

Begitu juga waktu untuk pendaftaran juga akan ditetapkan. Misalnya penerimaan berkas sampai jam 10.00 setelah itu warga dapat mendaftar lagi hari esok. "Jadi warga tahu kapan akan memasukkan berkas dan mengambilnya jadi warga tidak bolak balik, ini akan Kita bicarakan dengan bidang terkait dalam pembuatan akte kelahiran gratis,"pungkasnya. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT