Raja Juli Antoni ( Pakaian Melayu)

Jelang Reshuffle Mentri, Salah Seorang Putra Kuansing Dipanggil Jokowi ke Istana

Selasa,14 Juni 2022 - 12:23:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA - Rencana reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo semakin santer. Hal itu terindikasi dari pemanggilan sejumlah tokoh ke istana yang digadang-gadang bakal mengisi kursi Mentri atau Wakil Mentri.

Menariknya dari sejumlah tokoh yang dipanggil itu terdapat nama mantan Sekjen DPP Partai Solidaritas Indonesia ( PSI ) Raja Juli Antoni. PSI sendiri dalam Pilpres 2019 lalu merupakan penyokong  duet Jokowi dan KH Ma'aruf Amin. 

Raja Juli Antoni lahir di Pekanbaru. Namun kedua orang tuanya berasal dari kecamatan Kuantan Mudik Kuansing yakni Raja Ramli dari Pulau Binjai dan Khairati dari Paboun.

Sementara dikutip dari Suara.Com, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul membenarkan adanya sejumlah tokoh yang dipanggil ke Istana oleh Presiden Jokowi.

Ia mengungkapkan tokoh-tokoh yang hari ini dipanggil, mulai dari menteri yang sudah menjabat di kabinet hingga para ketua umum partai dan politikus.

Sementara itu, saat dikonfirmasi soal kehadiran Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey di Istana perihal reshuffle, Bambang Pacul mengaku tidak tahu menahu.

Ia malah menyebut nama lain yang hadir di Istana, semisal Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

"Saya enggak tahu (menyoal Olly) tetapi banyak dipanggil sudah. Misalnya pak Ketum, kemudian Raja Juli, kemudian pak menteri ATR," kata Bambang Pacul di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (14/6/22).

Lebih lanjut, Bambang Pacul juga tidak menjawab saat ditanya apakah ada dari internal PDIP yang turut hadir untuk memenuhi panggilan Jokowi di Istana pada hari inj.

"Saya termasuk yang tidak tahu," kata Pacul.

Panggil Tokoh di Tengah Isu Reshuffle

Hari Selasa Presiden Jokowi memanggil beberapa menteri kabinet. Mereka di antaranya Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan M Luthfi, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Jokowi juga dikabarkan memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

Sekretariat Kabinet Pramono Anung sebelumnya buka suara perihal isu reshuffel yang akan dilakukan Jokowi, Rab. 

 Menurutnya, perombakan kabinet merupakan hak prerogratif Presiden. Dia mengatakan mengenai waktu kapan perombakan kabinet, hal tersebut merupakan kewenangan Jokowi.

"Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu punya. Hak prerogratif," ujar Pramono, Selasa.. ( ktc/suara.com)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT