Kofifah Indarparwangsa. ( fhoto : detik.com )

Khofifah Kalah di Quick Count, Sekjen PKB: Itu kan Penggiringan Opini

Jumat,29 Agustus 2013 - 05:56:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

SURABAYA  - Sekjen DPP PKB Imam Nahrawi menyakini pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) memenangkan Pilgub Jawa Timur 2013. Quick count yang mengalahkan Khofifah dinilai sebagai penggiringan opini belaka.

Ia menilai quick count yang dilakukan lembaga survei adalah salah satu usaha pihak lain atau calon tertentu untuk menggiring publik dan mengganggap menang sebelum proses formal dari KPU Jatim.

"Quick count memenangkan sekian persen itu kan penggiringan opini. Nanti bisa saja real count akan diopinikan rekayasa," ujar Imam Nahrawi di kediaman Khofifah Indar Parawansa, Jalan Jemursari, Surabaya, Kamis (29/8/2013).

Dinilai dari sisi hukum, real count bisa dijadikan rujukan pemilu termasuk ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melihat keasliannya.

"KPU kan juga belum mengakui quick count menjadi dasar formal. Semuanya yang digunakan adalah real count. Jadi kami optimis pasangan Khofifah-Herman menang," terangnya.

Untuk mendukung real count, DPW PKB Jatim menerjunkan saksi di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Timur yang mencapai 70 ribu lebih TPS.

"Fakta dari real count ini tidak bisa dipungkiri. Saksi-saksi di TPS melaporkan hasil perhitungan di TPS. Saksi di TPS kan juga ada dari calon lain dan petugas TPS. Jadi tahu ada surat suara masuk, yang sah dan tidak sah termasuk yang tidak hadir," tandasnya.

Berdasarkan quick count Lingkaran Survei Indonesia (data 98%), incumbent Soekarwo dan Saifullah Yusuf (KarSa) memenangkan Pilgub Jatim. KarSa memperoleh 47,97%, disusul Khofifah Indar Parawansan-Herman S: 37,74%, Bambang DH-Said Abdullah: 11,92%, dan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat: 2,37%.

Hasil kurang lebih sama terlihat dari quick count RCTI-IRC. Soekarwo-Saifullah Yusuf: 47,36%, Khofifah Indar Parawansan-Herman S: 37,28%, Bambang DH-Said Abdullah: 12,92%, dan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat: 2,44%.( sumber : detik.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT