Anies Baswedan: Jokowi Dipercaya karena Kepentingan Diri Sendiri Rendah

Anies Baswedan: Jokowi Dipercaya karena Kepentingan Diri Sendiri Rendah
Anis Baswedan. ( dtc/ktc )

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi merajai survei-survei calon presiden potensial. Belum genap setahun memimpin Jakarta, Jokowi terus dielu-elukan. Mengapa Jokowi begitu sangat dipercaya masyarakat?

"Kalau kita melihat spirit gotong royong yang harus dikembalikan adalah kepercayaan. Hari ini kepercayaan kita pada pemimpin ada dalam level yang amat rendah," ujar cendekiawan Anies Baswedan.

Hal itu disampaikan Anies dalam 'Diskusi Taruna Merah Putih: Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945' di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (2/6/2013).

"Kenapa Jokowi dipercaya? Kedekatan, kompetensi, integritas muncul kepercayaan. Self interest amat rendah. Pemimpin yang dipercaya yang dapat mengelola itu dengan baik," jelas rektor Universitas Paramadina ini.

Anies juga mencontohkan penggagas Pancasila, Soekarno atau Bung Karno. Bung Karno sangat dicintai rakyat hingga bisa membawa pengaruh yang besar.

"Dulu Bung Karno oleh kolonial coba dipisahkan dari rakyatnya. Mereka diasingkan," jelas Anies.

Pemimpin yang baik, imbuh Anies, seperti dirigen orkestra, memberi nyawa dalam suatu konser orkestra. "Bung Karno memberikan perasaan itu," tutur Anies.

Salah satu bentuk untuk menjaga Pancasila adalah melalui pendidikan. "Cerdaskan setiap anak Indonesia. Di sana cita-cita kita bisa dicapai," kata Anies.

Di tempat yang sama, guru besar Kesejahteraan Sosial UI Bambang Shergi Laksmono mengatakan jangan hanya bernostalgia dan sentimentil terhadap Pancasila. Negara yang maju tak bisa bersandar pada nilai-nilai kesejarahan.

"Bagaimana membangun Pancasila sebagai bingkai skenario kebangkitan bangsa ini ke depan? Jadilah bagian dari solusi. Kalau tidak digarap sekarang, kita akan menjadi beban masa depan. Kepahlawanan itu ada dalam diri kita semua. Tokoh-tokoh nasional bisa jadi bahan inspirasi kita. Kita sendiri adalah tokoh, pemimpin, dan inspirasi bagi lingkungan kita sendiri," jelas Bambang.( dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index