Indonesia Ingin Jadi Negara Maju, Syaratnya Gaji Pekerja Minimal Rp 10 Juta

Indonesia Ingin Jadi Negara Maju, Syaratnya Gaji Pekerja Minimal Rp 10 Juta
Pekerja industri. Fhoto Rakyatmerdeka

 JAKARTA - Indonesia ingin menjadi negara maju pada 2045 mendatang. Untuk mencapai itu, satu di antaranya syaratnya harus mendongkrak pendapatan per kapita warga Indonesia.

Gaji minimal pekerja harus berada pada angka Rp 10 juta sebagai syarat untuk menjadi negara maju. Sedangkan upah minumum regional (UMR) tertinggi di Indonesia saat ini hanya mencapai Rp 5.176.179 di Kabupaten Karawang.

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut syarat negara maju harus memiliki upah minimum pekerja Rp 10 juta. Menurutnya sebelum menjadi negara maju, Indonesia terlebih dahulu harus lepas dari negara berpenghasilan rendah.

"Di tahun 2030 ini kita berharap bahwa kita bisa mencapai negara berpenghasilan menengah atau lepas dari middle income trap, di mana Indonesia merencanakan pertumbuhan GDP kita per income per kapita itu di atas (USD) 10.000 dia di atas tahun 2030," kata Airlangga saat HSBC Summit di Jakarta, Kamis (12/10/23)

Sementara saat ini, pendapatan per kapita Indonesia berada di USD 4.700. Airlangga memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2024 antara 5 persen sampai 5,5 persen. Dari angka itu, ia menyebut pertumbuhan income per kapita bisa mencapai USD 5.500. Pendapatan tersebut ditargetkan terus naik.

"Saya barusan mensurvei ruangan ini. Dan dari hasil survei saya income per kapita di ruangan ini semuanya di atas (USD) 10.000. Jadi kita enggak usah jauh-jauh kita mau Indonesia seperti di ruangan ini di tahun 2030," ujar Airlangga.

Untuk menjadi negara maju setelah 2030, kata dia pendapatan per kapita harus ditingkatkan. Ia menyebut gaji pekerja Indonesia minimal harus mencapai Rp 10 juta per bulan untuk mendukung Indonesia menjadi negara maju.

"Artinya apa kita harus mencari pekerjaan yang kalau kita income per kapitanya sekitar (USD) 10.000 atau Rp 150 juta, berarti minimum income kita itu sekitar Rp 10 juta per bulan," ungkap Airlangga.

"Nah ini yang harus dicari sektor industri apa yang bisa membayar salary di Rp 10 juta artinya apa kita harus naik industrinya," ujarnya melansir Riauonline yang mengutip dari Kumparan.( ktc )

Berita Lainnya

Index