Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 Disaksikan 200 Ribu Orang

Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 Disaksikan 200 Ribu Orang

PARIAMAN  – Rangkaian Festival Pesonal Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023, di Kota Pariaman selesai sudah, dengan dibuangnya tabuik ke laut di Pantai Gandoriah, Minggu sore (30/7/23).  

Hoyak Tabuik yang diselenggarakan Pemko Pariaman tahun 2023 ini berlangsung lancar dan sukses sejak proses awal, hingga puncak. Pada acara puncak tabuik dibuang ke laut, diperkiraan disaksikan oleh sekitar 200 ribu pengunjung.

Dengan demikian, dampak ekonomi berupa uang yang berputar di Kota Pariaman diperkirakan bisa mencapai miliaran rupiah. Semenjak dimulainya prosesi pembuatan tabuik, tanggal 19 Juli sampai 30 Juli 2023 puncak pesta budaya tabuik dilaksanakan, Kota Pariaman selalu ramai.

“Uang sebanyak itu mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan UMKM yang ada di Kota Pariaman. Dengan banyaknya pengunjung yang datang dari seluruh Indonesia untuk menyaksikan event wisata unggulan Kota Pariaman ini,” ungkap Wali Kota Pariaman Genius Umar saat memberikan sambutan pada acara Puncak Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023.

Genius Umar mengatakan, bahwa dulu tabuik tabuik memang untuk memperingati terjadinya Perang Karbala antara Hasan dan Husein.

“Namun, tabuik yang kita gelar setiap tahunnya di Kota Pariaman adalah sebagai tabuik budaya yang merupakan salah satu event unggulan Kota Pariaman dan tidak pernah sepi dari pengunjung,” tegas Genius Umar.

Tabuik, lanjut Genius, telah menjadi budaya bersama, dan harus dikembangkan pula secara bersama-sama sebagai pemicu pariwisata di Kota Pariaman.

Selain itu, kata Genius, tabuik juga merupakan tempat atau waktu untuk para perantau asal Pariaman pulang kampung secara bersama-sama.

Hal itu dibuktikan dengan datangnya semua perantau Pariaman hadir di Kota Pariaman, dalam rangka menyaksikan dan menyukseskan pesta budaya tabuik ini.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Pariaman mengucapkan banyak terima kasih untuk kedatangannya dan mudah-mudahan kedatangan perantau ke Kota Pariaman ini membuktikan bahwa partisipasi perantau untuk mebangun kota sangat luar biasa. Agar Kota Pariaman mencapai kemajuan yang lebih pesat lagi,” ungkap Genius.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Pemerintah Kota Pariaman dan masyarakat Kota Pariaman yang telah bekerja sama dan bahu membahu menyukseskan pesta budaya tabuik ini.

“Pesta budaya tabuik ini merupakan budaya yang sangat luar biasa, dan kita juga satu-satunya provinsi di Indonesia dengan sembilan belas kota/kabupaten yang memiliki tahun kunjungan pariwisata untuk tahun 2023,” kata Audy.

Audy jelaskan bahwa tabuik tahun ini berbeda dengan tabuik tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini juga ada ‘Tabuik Photography Camp 2023’ yang diselenggarakan di Desa Wisata Apar, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Tujuannya untuk mempromosikan pesta budaya tabuik supaya lebih dikenal lagi di seluruh Indonesia dan hingga mancanegara

“Saya berpesan, agar pesta budaya tabuik ini tetap digelar setiap tahunnya, dan kita akan teruskan kolaborasi ini lebih bagus lagi ke depannya,” kata Audy Joinaldy. ( sumber : Padangkita.com)

Berita Lainnya

Index