Penjualan Lesu, Banyak Perajin Batik Kuansing Dalam Kondisi Semaput

Penjualan Lesu, Banyak Perajin Batik Kuansing Dalam Kondisi Semaput
Gubri memakai Batik Kuansing. fhoto anc

 

TELUK KUANTAN – Kondisi usaha batik Kuansing saat ini dalam kondisi memprihatinkan.  Perkembangan Batik Kuansing yang sempat booming saat ini cenderung semakin menurun.

Padahal perkembangan usaha Batik Kuansing yang sempat booming sebelumnya mampu membuka lapangan usaha dan lapangan kerja terutama bagi ibu-ibu rumah tangga disekitar lokasi usaha perajin Batik Kuansing berada untuk membantu pendapatan keluarga.

Akibat pembelian Batik Kuansing yang semakin turun dan anjlok itu juga berdampak pada eksistensi perajin Batik Kuansing. Dampak yang dirasakan jumlah perajin Batik Kuansing yang aktif beroperasi juga semakin turun jumlahnya dan gulung tikar.

Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Mardansyah, Sabtu ( 25/2/23 ) mengaku saat ini hanya ada 16 KUB ( perajin ) Batik Kuansing yang masih aktif beroperasi.

“ Sebelumnya ada 25 KUB Batik Kuansing yang ada diseluruh Kuansing,”paparnya.

Namun demikian dalam pandangan, 8 KUB lainnya bukan berarti sudah tutup total. Mereka akan beroperasi kembali jika ada pesanan.

“ Sebenarnya kalau dikatakan tutup total tidak  juga. Karena mereka akan produksi lagi kalau ada pesanan,”paparnya.

Salah satu saran Mardansyah, kondisi yang dialami perajin Batik Kuansing saat ini terjait pemasaran. Untuk itu Ia menyarankan kepada KUB agar dapat menciptakan inovasi motif-motif yang baru untuk diserap pembeli. ( isa )

 

Berita Lainnya

Index