Pacu Jalur Tradisional. Fhoto

Jalur Unggulan Kuansing-Inhu Mendaftar di Ajang Uji Coba Pangean

Senin,18 Juli 2022 - 09:39:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUKKUANTAN - Kendati ajang pacu jalur uji coba. Namun, sejumlah jalur unggulan dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu) telah mendaftarkan keikutsertaannya berpacu untuk menjadi yang tercepat di ajang pacu jalur uji coba di Tupian Rajo Pangean, Kamis hingga Sabtu (21-23/7) lusa.

Jalur-jalur unggulan yang siap menjadi tercepat di ajang uji coba ini, antara lain, ada mantan juara nasional 2015 Tuah Kalajengking Muda Indragiri dari Danau Baru Rengat Inhu. Ada jalur semifinalis nasional 2019, Tuah Keramat Sialang Soko dari Setako Raya Peranap Inhu dan Panah Ombak Sutan Mudo dari Pematang Peranap Inhu. Dan jalur unggulan lainnya dari Inhu.

Sedangkan dari Kuansing, ada jalur andalan tuan rumah yang sukses meraih 4 kali menjadi juara nasional kurun waktu 2014 hingga 2018, Siposan Rimbo dari Pauh Angit Pangean. Ada pula jalur mantan juara nasional dari Pulau Kumpai Pangean, Linggar Jati.

Seterusnya, ada sejumlah jalur andalan dari Kecamatan Cerenti. Seperti Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari Pulau Jambu Cerenti, dan Pangeran Hilir Rantau Kuantan dari Teluk Pauh Cerenti. Sedangkan dari Inuman, ada jalur andalannya Lancang Kuning dari Pulau Panjang Inuman.

Sementara, dari Kuantan Hilir ada jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madinah dan Uphae Saghok Ghimbo Dusun dari Baserah Kuantan Hilir.

Sedangkan dari Kuantan Hilir Seberang ada jalur Raja Laut dari Sungai Sorik. Ditambah dari Kecamatan Benai, ada jalur Sembilan Langkah Putri Samudra dari Banjar Benai dan Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai Kecil.

Diperkuat pula jalur Rimbo Kumayang dari Pulau Ingu. Sedangkan dari Sentajo Raya, ada sejumlah jalur unggulan dari Pulau Kopuang, Muaro Sentajo dan Pulau Komang. Dan dari Kuantan Tengah, ada jalur andalan dari Pulau Aro, Sawah, dan Seberang Taluk. Beranjak ke Gunung Toar, ada jalur Ngiang Kuantan, Linta Jalang, dan Juragan Kuantan. Ditambah jalur unggulan lainnya dari Kuansing.

Tiga hari jelang hari pelaksanaan pacu jalur (H-3), telah mendaftar sebanyak 80 jalur yang tersebar dari Inhu, Cerenti, Inuman, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Logas Tanah Darat, Pangean, Benai, Sentajo Raya, Kuantan Tengah dan Gunung Toar.

"Sudah mendaftar 80 jalur. Kami perkirakan jumlahnya akan terus bertambah. Karena technical meeting baru akan kita laksanakan Rabu (esok,red). Ini untuk menentukan lawan dan hilir," kata Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra SE, dihubungi wartawan, Senin (18/7%22).

Ke depan, Ia mengajak agar semua pihak mensukseskan perhelatan pacu jalur ajang uji coba di Tupian Rajo Pangean ini. "Mari sama-sama kita mensukseskannya," ajaknya.( rls)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT