Pacu Jalur Tradisional. Fhoto : riau pos

Diperkirakan Lebih 200 Jalur Berpacu di Tepian Narosa

Selasa,21 Juni 2022 - 09:39:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Tingginya animo masyarakat Kabupaten Kuansing dan Indragiri Hulu dalam pacu jalur tahun 2022 sudah mulai terlihat. Itu terbukti dengan banyaknya jalur yang sudah mulai latihan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing Azhar mengatakan, tingginya animo masyarakat dua kabupaten ini dikarenakan kerinduan masyarakat karena sudah dua tahun pacu jalur ditiadakan.

"Iya. Kalau melihat antusias masyarakat, diperkirakan lebih 200 jalur yang akan mengikuti pacu jalur iven nasional di Tepian Narosa Telukkuantan pada Agustus mendatang. Apalagi, pihak perusahaan dan organisasi sudah banyak mempersiapkan jalur dari sekarang," kata Azhar, Senin (20/6/22) dilansir dari riaupos.co.

Azhar membeberkan, beberapa tahun lalu, memperingati seabad pacu jalur juga pernah mencapai 200 jalur. Tahun ini, Kadis Pariwisata meyakini akan melampaui angka 200 jalur.

"Ini kemajuan. Ini juga bentuk tingginya apresiasi masyarakat terhadap budaya pacu jalur. Kita menyadari, pacu jalur tahun ini merupakan agenda pengobat rindu rakyat Kuansing. Ini adalah pesta besar yang harus dijaga dan dipopulerkan," kata Azhar.

Selain itu, Azhar juga berjanji akan memanjakan masyarakat Kuansing yang berada di luar Kuansing dengan menyediakan siaran langsung melalui radio Pemerintah Kuansing dan live streaming.

"Masyarakat yang ada di perantauan, bisa menyaksikan langsung melalui Youtube Pemkab Kuansing. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya," beber Azhar.

Dengan adanya live streaming ini, tambah Azhar, tidak saja bisa dinikmati oleh masyarakat di luar Kuansing, namun juga bisa diakses oleh masyarakat yang berhalangan datang langsung ke Tepian Narosa.( riaupos.co/ktc)

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT