Presiden Joko Widodo. Straitstime

Jokowi Ingatkan Mendagri Agar Daerah Segera Belanjakan APBD Agar Uang Beredar

Jumat,29 April 2021 - 02:01:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

JAKARTA – Presiden Jokowi ternyata sudah bolak-balik menyampaikan agar APBD fokus pada belanja modal. Jokowi disebut sudah sering mengingatkan hal ini kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Hal itu dilakukan lantaran posisi Tito dan kementeriannya sebagai pembina pemerintah daerah juga sering memberi peringatan kepada gubernur, bupati dan wali kota.

"Saya sudah sampaikan bolak-balik ke mendagri untuk ingatkan semua daerah agar segerakan belanja APBD baik belanja aparatur atau belanja modal. Tapi yang terpenting belanja modal ini disegerakan sehingga terjadi peredaran uang di daerah," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh kepala daerah di Istana Negara kemarin yang dikutip VIVA pada Kamis (29/4 2021).

Jokowi pun menyinggung, transfer ke daerah yang bersumber dari APBN dinilai belum optimal digunakan.

Kebanyakan daerah kata Jokowi masih mengendapkan dana itu di perbankan. Ia mempertanyakan hal itu yang kerap disampaikan sebetulnya berulang kali dalam berbagai kesempatan. Bahkan tahun ini angkanya Rp182 triliun.

"Hati-hati, Rp 182 triliun ini uang yang sangat gede sekali. Ini kalau segera dibelanjakan, uang akan berputar di masyarakat akan pengaruhi pertumbuhan ekonomi yang tidak kecil," sambung Kepala Negara.

Menurut Jokowi, kebiasaan lama yang lambat mengeksekusi belanja modal harus ditinggalkan. Hingga Maret 2021, belanja rutin yang sifatnya untuk operasional kepegawaian justru tinggi.

"Belanja modalnya baru 5,3 persen. Baru 5 persen. Padahal yang namanya perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.

"Oleh sebab itu saya mengajak kepada seluruh provinsi kabupaten dan kota segerakan yang namanya belanja pemda, belanja APBD, segerakan," lanjutnya.( sumber :detik.com )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT