Rapat paripurna Lkpj 2019. Fhoto rtc

F-Gerindra Sorot Realisasi Penerimaan Bagi Hasil Bukan Pajak Yang Rendah

Rabu,01 Juli 2020 - 10:33:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya ( Gerindra ) DPRD Kuansing menyorot lemahnya kinerja Pemkab Kuansing dalam memaksimalkan penerimaan daerah termasuk banyaknya aset daerah potensial mendulang penerimaan daerah yang belum dimanfaatkan.

Sorotan tertuju pada dana bagi hasil pajak atau bukan pajak, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan dana lainnya terhadap pendapatan yang sah.

" Terutama bagi hasil pajak atau bukan pajak realisasinya rendah sebesar 68%,” ujar juru bicara Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya ( Gerindra), Gusmir Indra saat menyampaikan pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kuansing tahun anggaran 2019 di ruang paripurna Gedung DPRD Kuantan Singingi, Senin (29/6/2020).

Disamping menyorot rendahnya realisasi penerimaan daerah, F-Gerindra meminta Pemkab melakukan pendataan dan pemanfaatan aset-aset pemerintah daerah Kuansing yang kurang serius dilaksanakan.

" Seharusnya aset tersebut dapat menambah PAD sehingga PAD Kuansing akan meningkat misalnya kebun pemda (kebun sawit dan karet), danau kebun nopi, bangunan tiga Pikar khusus Uniks dan Hotel Kuansing dan aset lainnya,"kata Gusmir.

F-Gerindra katanya juga mendorong Pemkab Kuansing untuk mencari solusi penyelesaian pasar atas yang masih terbengkalai agar bisa dibangun kembali.

" Karena kita sadari lokasinya sangat strategis yang merupakan wajah Kuansing,”kata Gusmir.

Seterusnya terhadap pihak ketiga atau rekanan Pemda yang belum membayar denda keterlambatan penyelesaian proyek, mereka mendorong segera di ambil langkah-langkah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Namun demikian mereka juga menyampaikan apresiasi terhadap pencapaian positif yang diperoleh Pemkab baik dari pusat dan provinsi.

Rapat paripurna kali ini di pimpin Wakil Ketua I DPRD didampingi Wakil Ketua II Juprizal dihadiri Bupati H Mursini, Sekda Kuansing Dianto Mampanini, para Asisten, staf ahli, kepala OPD dan undangan lain. ( ms )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT