Membludak Jumlah Jalur Yang Ikut Serta di Rayon IV di Sentajo Raya

Membludak Jumlah Jalur Yang Ikut Serta di Rayon IV di Sentajo Raya
Pencabutan undian hari pertama pacu jalur rayon IV. ( ktc )

SENTAJO RAYA - Jumlah jalur yang berpartisipasi diiven pacu jalur rayon IV terbanyak diantara jumlah jalur yang ikut serta dibanding tiga rayon lainnya untuk tahun 2017. Pacu jalur dirayo IV ini akan digelar di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, Desa Pulau Komang Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kamis (27/7/2017) dan  berakhir Sabtu (29/7/2017) lusa.

Membludaknya jumlah jalur karena diikuti  95 jalur dari seluruh kecamatan yang ada di sepanjang aliran Sungai Kuantan ikut serta dalam iven pacu jalur rayon empat ini, mulai dari Hulu Kuantan hingga Cerenti.

Pada hari pertama akan terjadi 47 kali hilir. Pada hari kedua putaran pertama akan terjadi 24 hilir dan putaran kedua 12 kali hilir dengan demikian total hilir pada hari kedua 36 kali hilir. Pada hari ketiga putaran pertama 6 kali hilir, putaran kedua tiga kali hilir dan final segitiga dua kali hilir. Mereka akan memperebutkan total hadiah 72 Juta.

Ajang ini juga diikuti sejumlah jalur unggulan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi pun tidak mau melewatkan laga di iven pacu jalur rayon empat yang memperebutkan total hadiah sekitar Rp72 juta.

Camat Sentajo Raya, Agus Iswanto SSTP didampingi Ketua Pacu Jalur Sentajo Raya Heprianto dan panitia lainnya pada acara technical meeting menyebut, pacu jalur ini diikuti 11 kecamatan. Dari Cerenti ada 1 jalur, Inuman ada 2 jalur, Kuantan Hilir ada 5 jalur, Kuantan Hilir Seberang ada 3 jalur.

Kemudian dari Pangean 11 jalur, Benai mengutus 17 jalur, Kuantan Tengah juga mengutus 18 jalur, Gunung Toar mengikutkan 11 jalur, Kuantan Mudik mengutus 13 jalur, Hulu Kuantan diwakili 2 jalur. Sedangkan tuan rumah, Sentajo Raya diwakili 11 jalur. Terakhir, ada satu jalur yang mewakili Pemprov Riau, Kilek Keramat Muaro Laii.

Agus Iswanto berharap agar rangkaian pelaksanaan pacu jalur rayon IV ini berlangsung sukses, aman dan lancar. Oleh sebab itu, seluruhnya, baik peserta pacu jalur maupun penonton untuk dapat bersama-sama suksesi helat ini. 

"Rajut silaturrahmi, dan mari sama-sama kita mensukseskannya," ajaknya.

Direncanakan Gubernur Riau H Arsyajuliandi Rahman bersama Bupati Kuantan Singingi Drs H Mursini MSi beserta forkopimda akan membuka secara resmi helat pacu jalur rayon terakhir di Kabupaten Kuansing di tahun ini, jelang puncak pelaksanaan festival pacu jalur nasional di Tepian Narosa Telukkuantan, 23 hingga 26 Agustus mendatang.( mad )

Daftar Hadiah Pacu Jalur Rayon IV di Sentajo Raya

1. Satu ekor Kerbau, satu ekor Sapi plus piala bergilir, plus piala tetap dan tonggol juara

2. Satu pasang Sapi plus piala tetap plus tonggol juara

3. Satu ekor Kerbau plus piala tetap plus tonggol juara

4. Satu ekos Sapi plus tonggol juara

5. Uang pembinaan Rp3,5 juta plus tonggol juara

6. Uang pembinaan Rp2,5 juta plus tonggol juara

7 hingga 10 mendapat uang pembinaan masing-masing Rp2 juta plus tonggol juara

Sumber : Paniti Pacu Jalur Sentajo Raya 2017

Berita Lainnya

Index