Ketergantungan Pada Dana Perimbangan Masih Besar

Ketergantungan Pada Dana Perimbangan Masih Besar
Plh Sekda Frederik, SE, MM menyalami Bupati Sukarmis sebelum pengesahan RAPBD 2013. ( isa )

 

TELUK KUANTAN - Mencermati kondisi pembangunan sekarang, Kabupaten Kuansing masih dihadapkan pada sejumlah kendala antara lain masih tingginya tingkat ketergantungan pendapatan daerah pada dana perimbangan terutama dana bagi hasil Migas yang jumlahnya dari ke tahun mengalami fluktuatif ( naik turun ). Sementara kebutuhan daerah semakin meningkat, oleh sebab itu semua pihak haus berupaya mengintensifkan dan menggali potensi  sumber-sumber PAD secara maksimal dan ramah lingkungan.
Hal tersebut dikatakan Bupati H Sukarmis saat menyampaikan sambutan terkait pengesahan RAPBD 2013 menjadi Perda APBD 2013 disidang paripurna DPRD Kuansing, Senin ( 28/1 ) siang . " Untuk itu perlu dukungan Kita berama terutama legislatif, karena akan dipelrukan berbagai regulasi karena Kita tidak mungkin terus mengharapkan atau tergantung pada dana perimbangan saja,"ujar Sukarmis.
Meskipun pendapatan daerah selalu mengalami kenaikan secara fluktuatif, pada kesempatan tersebut Bupati Sukarmis menegaskan bahwa penyusunan APBD 2013 tetap diupayakan memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang objektif, rasional, efisien yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan bagi masyarakat.
Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak kepada semua pihak terkait terutama jajaran eksekutif untuk selalu membiasakan diri selalu melakukan hal-hal secara benar, dan jangan membenarkan hal-hal yang biasa dilakukan, sementara yang biasa dilakukan itu ternyata tidak benar. Prinsip ini harus dipedomani bersama agar setiap kebijakan penyelenggaraan pemerintah tidak tercabut dari akar konstektual karena dinamika dan capaian hasil pembangunan terus berkembang, regulasi pemerintahan terus disempurnakan, serta masalah dan tantangan yang beragam terus datang dan pergi silih berganti.,
Bupati juga menyatakan, Pemkab menyadari semua yang telah dicapai selama ini bukan semata-mata hasil kerja pemerintah daerah saja, namun juga merupakan hasil kerja bersama DPRD dan seluruh komponen masyarakat serta dukungan pemerintah pusat, provinsi  dan  instansi vertikal.
Terkait telah disyahkannya RAPBD 2013 menjadi Perda APBD 2013, Bupati menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada DPRD yang secara serius telah membahas secara serius, teliti dan seksama, serta mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran membahas, mengoreksi dan memebri saran demi kesempurnaan rancangan APBD 2013.
" Kia semua berharap apa yang telah diprogramkan dalam APBD 2013 dapat membantu meringankan beban masyarakat meksipun tidak semua kegiatan dapat terakomodir,'pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index