Pacu Rayon I di Lubuak Sobae Siap Dihelat, Total Rp 51 Juta Hadiah Bakal Diperebutkan

Pacu Rayon I di Lubuak Sobae Siap Dihelat, Total Rp 51 Juta Hadiah Bakal Diperebutkan
Arena pacu jalur tepian Lubuak Sobae Baserah. ( ktc )


BASERAH - Pacu jalur kecamatan rayon I siap dihelat. Jalur unggulan asal Kuansing, Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean merupakan salah satu jalur yang menjadi pendaftar pertama sebagai peserta iven pacu jalur tradisional yang akan dihelat di Tepian Lubuak Sobaw, Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, 25 hingga 27 Juli mendatang. Dalam ajang ini panitia pelaksana juga menyediakan total hadiah sebesar Rp 51 juta yang akan diperebut jalur-jalur yang akan berpacu.

"Iya, Siposan adalah pendaftar pertama pacu jalur rayon I. Kami mengucapkan terima kasih kepada Siposan yang telah mendaftar, silahkan jalur lain menyusul, karena pendaftaran sudah dibuka," kata Camat Kuantan Hilir Seberang, Zulmaswan kepada para wartawan di Baserah, Sabtu (16/7/2016) kemarin.

Menurutnya, kendati Kecamatan Kuantan Hilir Seberang (KHS) tahun ini ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan tradisi asli masyarakat Kuansing ini, namun Kecamatan Kuantan Hilir tetap dilibatkan oleh Kecamatan Kuantan Hilir Seberang tersebut.

Oleh karena itu kata Zulmasan, dua kecamatan yang dipisahkan aliran Sungai Kuantan itu sepakat membentuk panitia pacu bersama, dengan demikian pacu jalur rayon I diharapkan berlangsung meriah dan semarak. "Dan kami telah sepakat membentuk panitia bersama antara KHS dengan Kuantan Hilir. Lokasinya tetap di arena biasa, Tepian Lubuak Sobaw Baserah," katanya.

Zulmaswan mengapresiasi semangat masyarakat KHS dan Kuantan Hilir yang ingin menghelat pacu jalur rayon I ini secara bersama-sama. Apalagi, dua kecamatan ini memiliki hubungan historis dan adat-istiadat yang serumpun, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan dalam perhelatan pacu jalur ini.

"Sekarang tak ada masalah. Lokasinya tetap di Tepian Lubuak Sobaw. Sedangkan pancang star dan finish tetap seperti biasa. Makanya, kami semua sepakat untuk membentuk panitia bersama," ujar mantan Sekcam Sentajo Raya tersebut.

Ia mengundang seluruh jalur yang ada di Kuansing dan Inhu untuk berpartisipasi di ajang pacu jalur rayon I. Apalagi pihaknya menyediakan hadiah yang lumayan besar. Juara 1 akan mendapat Rp15 juta, juara 2 meraih Rp10 juta, juara 3 meraih Rp8 juta, juara 4 meraih Rp5 juta dan juara 5 meraih Rp3 juta. Sedangkan juara 6 hingga 10 mendapat masing-masing Rp2 juta.

Selain piala bergilir dan tetap kepada sang juara pertama, tonggol juara juga disiapkan hingga peringkat 10. Bahkan, panitia juga akan memberikan penilaian kepada peserta pacu jalur terbaik. Nantinya peserta terbaik akan diberikan bonus. "Sedangkan hadiah ini bisa bertambah, dan tidak akan berkurang. Pokoknya pacu jalur rayon I akan bertabur hadiah,  Pak Bupati Mursini dan Pak Wabup Halim Insya Allah akan hadir membuka pacu jalur rayon I tahun ini," tutupnya. ( utr )

Berita Lainnya

Index