Group Randai Asal Inuman Juara Festival, Indra Putra Berhasrat Taja Festival Berskala Nasional

Group Randai Asal Inuman Juara Festival, Indra Putra Berhasrat Taja Festival Berskala Nasional
Indra Putra ( baju biru ) bersama pemenang festival randai se-Kuansing. ( ktc )


TELUKKUANTAN  - Grup randai asal kecamatan Inuman akhirnya keluar sebagai juara pertama festival Festival Randai se-Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) yang dihelat sejak tanggal 16 Oktober hingga 23 Oktober.

Sementara Ketua Komunitas Seni Rantau Kuantan, Indra Putra yang menaja kegiatan tersebut berhasrat menggelar festival berskala nasional hingga internasional,  agar salah satu budaya dan tradisi masyarakat Kuansing ini semakin dikenal hingga ke level nasional dan internasional.

Group randai asal Inuman yang keluar sebagai juara pertama adalah grup Mekar Sari Air Mata Bunda asal desa Pulau Busuk , juara kedua grup Randai Gelora Muda dari desa Tebing Tinggi Simandolak kecamatan Benai  dan juara ketiga grup randai Semangat Baru dari Desa Pulau Aro Telukkuantan Kuantan Tengah.

Kepada masing-masing grup randai yang berhasil menjadi juara , mendapatkan sebuah trophy piala dan uang pembinaan yang diserahkan langsung Ketua Komunitas Seni Rantau Kuantan Indra Putra, Kamis ( 23/10/2015 ) lalu di arena taman jalur tepian Narosa Teluk Kuantan.  Turut menyaksikan malam puncak, Ketua Dewan Kesenian Kuantan Singingni,  Hj Juita Alfis.

Dalam kesempatan itu, Indra Putra berharap seni dan kebudayan yang dimiliki daerah agar terus dijaga dan dilestarikan, bahkan diperkenalkan ke seluruh masyarakat Kuantan Singingi dan ke daerah luar.

"Kalau perlu nasional dan internasional kita perkenalkan tradisi ini. Salahsatu cara adalah dengan mengadakan festival-festival seperti ini lah kita melestarikan budaya," kata Indra Putra.


Menurut Indra Putra, event seperti ini selain melestarikan budaya dan tradisi, sekaligus memberi hiburan dan membuat suasana kota menjadi semarak dimalam hari. Dampaknya juga terasa bagi masyarakat, seperti para pedagang.
Pihaknya mengapresiasi semangat para pemenang festival, seperti penampilan grup randai dari Pulau Aro. Walaupun hanya mendapatkan juara tiga, namun dengan usia grup randai mereka yang masih terhitung belia hanya baru beberapa bulan terbentuk, mereka sudah bisa mengukir prestasi yang cukup membanggakan.

"Yang jelas keberhasilan yang diperoleh para pemenang tidak lepas dari latihan yang tekun. Dan mari kedepan, setiap tradisi yang ada di daerah ini kita lestarikan," pujinya.( yus )

Berita Lainnya

Index