Final Ditengah Sorotan Lampu, Tuah Kalajengking Muda Indragiri Juara Pacu Jalur Nasional 2015

Final  Ditengah Sorotan Lampu, Tuah Kalajengking Muda Indragiri Juara Pacu Jalur Nasional 2015
Pacu antara jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri melawan jalur Siposan Rimbo RAPP. ( ktc )

TELUK KUANTAN –Tuah Kalajengking Muda Indragiri dari Rengat Indragiri Hulu akhirnya keluar sebagai juara pertama ajang pacu jalur tradisional event nasiopnal 2015 padahari final, Minggu ( 23/8/2015 ), setelah berhasil menundukkan jalur Tuagh Koghi Dubalang Ghajo dari desa Pintu Gobang Kari kecamatan Kuantan Tengah.

Dalam undian final segitiga, Tuah Kalajengking Muda Indragiri mendapat undian bay atau menang menunggu. Sementara Tuagh Kogho Dubalang Ghajo terlebih dahulu berpacu dengan jalur Panglimo Olang Putiah dari desa Sungai Alah kecamatan Hulu Kuantan, dan dimenangkan oleh Tuagh Koghi Dubalang Ghajo. Dengan demikian juara kedua atau runner up diraih Tuagh Koghi Dubalang Ghajo dan juara ketiga Panglimo Olang Putiah.

Laga antara perebutan juara satu dan dua cukup dramastis, karena dilaksanakan pada malam hari, sekitar pukul 19.30 WIB malam. Karena itu hilir dua jalur harapan masyarakat Kuansing dan Inhu dilakukan ditengah sorotan lampu sorot oleh panitia dari perahu dan pompong.

Sebelum merangsek maju ke final segiti  dibabak semi final Tuah Kalajengking Muda Indragiri mengalahkan jalur sesama asal Inhu, Putri Bungsu Dubalang Hitam Setda Inhu. Sementara dibabak 10 besar, jalur andalan Inhu ini berhasil menumbangkan sang juara tahun 2014, jalur Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit kecamatan Pangean yang juga harapan masyarakat Kuansing.

Kekalahan Siposan Rimbo RAPP membuat warga Kuansing kecewa sekaligus sudah memprediksi Tuah Kalajengking Muda Indragiri akan menjadi juara. Namun upaya Inhu merebut dua gelar masing-masing satu dan dua pupus karena Tuah Kalajengking Muda Indragiri berhadapan dengan jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam Setda Inhu disemifinal. Jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam diprediksi akan melenggang ke final segitiga karena sebelumnya mengalahkan jalur Meriam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah kecamatan Kuantan Hilir namun terpaksa dipatahkan oleh Tuah Kalajengking Muda Indragiri.

 Sementara Tuagh Koghi Dubalang Ghajo di semi final mengalahkan jalur Puti Mandi Mayang Terurai dari desa Rantau Sialang kecamatan Kuantan Mudik. Sedangkan di sepuluh besar, jalur kebanggaan warga desa Pintu Gobang Kari kecamatan Kuantan Tengah tersebut mengalahkan jalur Juragan Kuantan darik desa Seberang Gunung kecamatan Gunung Toar.

Seterusnya jalur Panglimo Olang Putiah dibabak semi final mengalahkan jalur Sijontiak Lawik Pulau Tanamo dari desa Pulau Jambu kecamatan Cerenti. Sedangkan di babak sepuluh besar mengalahkan jalur Linggar Jati JA RAPP dari desa Pulau Kumpai kecamatan Pangean.Sementara itu untuk posisi ketiga hingga  ditentukan melalui pencabutan undian. ( isa/yus )

Berikut juara satu hingga kesebalas

1.Tuah Kalajengking Muda Indragiri/Rengat/Inhu

2.Tuagh Koghi Dubalang Ghaji/Pintu Gobang Kari/Kuantan Tengah

3.Panglimo Olang Putie/Sungai Alah/Hulu Kuantan

4. Puti Mandi Mayang Terurai /Rantau Sialang/Kuantan Mudik

5. Sijontiak Lawiek Pulau Tanamo/Pulau Jambu/Cerenti

6. Putri Bungsu Dubalang Hitam Setda Inhu/.Redang Rengat/Inhu

7. Linggar Jati JA RAPP/Pulau Kumpai/Pangean

8.Siposan Rimbo RAPP/Paunh Angit/Pangean

9. Juragan Kuantan RAPP/Seberang Gunung/Gunung Toar

10. Sialang Soko Putri Mandi.\/Setako Raya Peranap/Inhu

11. Meriam Onggan Parau/Kepala Pulau Baserah/Kuantan Hilir

Berita Lainnya

Index