Jalur-jalur Unggulan Melenggang Mulus Kehari Kedua

Jalur-jalur Unggulan Melenggang Mulus  Kehari Kedua
Dua jalur sedang berpacu pada hari pertama. ( ktc )


TELUKKUANTAN  - Arena tepian Narosa Teluk Kuantan kembali penuh dengan sorak-sorai penonton di sepanjang Tepian Narosa Telukkuantan saat dimulai pacu jalur tradisional event nasional hari pertama, Kamis ( 20/8/2015 ). Begitu dentuman meriam tanda dimulainya pacu menggelegar, mata penonton tertuju ke pancang start untuk menyaksikan para jalur yang sedang berusaha meninggalkan lawan-lawannya.
Dari perpacuan hari pertama, sejumlah jalur unggulan melenggang mulus ke hari kedua.  Jalur sang juara bertahan, pemegang piala bergilir 2014, Siposan Rimbo RAPP dari Pauh Angit Pangean. Jalur kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi ini berhasil melaju setelah pada hari pertama berhasil menjinakkan haluan jalur Dondang Malini Putri Sembilan dari Pulau Jambu Cerenti.

Selain Siposan Rimbo, jalur sang juara 2013, jalur Untung Bertuah dari Rengat Inhu juga berhasil melaju ke hari kedua. Disusul jalur unggulan lainnya, yakni jalur sang juara 2012, jalur Linggar Jati JA RAPP dari Desa Pulau Kumpai Pangean. Hilir demi hilir selalu menyita perhatian ratusan ribu penonton yang memadati sepanjang arena pacu jalur di Tepian Narosa Telukkuantan.

Jalur unggulan lain yang berhasil melaju ke hari kedua adalah jalur juara rayon II Inhu, jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri dari Rengat Inhu masih terlalu tangguh bagi lawannya pada hari pertama. Tidak ketinggalan sang runner up tahun lalu, jalur Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau Kuantan Hilir juga berhasil melaju ke hari kedua bersama jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang dari Pulau Madinah Kuantan Hilir.

Hiruk-pikuk suara penonton juga menambah semaraknya pacu jalur tradisional ini. Mereka dengan mengeluarkan suara yang keras memberikan sopport kepada jalurnya yang hilir. Tidak ketinggalan, jalur unggulan lainnya yang menyusul jalur-jalur tersebut ke hari kedua adalah jalur Ombak Nyalo Simutu Olang dari Pangean, jalur Juragan Kuantan RAPP dari Seberang Gunung Toar dan Puti Mandi Mayang Taurai dari Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik.

Seterusnya, sang juara pacu jalur rayon II, jalur Palimo Olang Putiah dari Sungai Alah Hulu Kuantan juga berhasil melaju ke hari kedua ini. Dan disusul jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari Pisang Berebus Gunung Toar. Dari 168 jalur yang berpacu pada hari pertama, sebanyak 84 jalur berhasil melaju ke hari kedua.

Pacu jalur yang disaksikan Plt Gubernur Riau Ir H Arsyajuliandi Rahman beserta muspida dan Bupati Sukarmis beserta muspida dan pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing lainnya serta pimpinan perusahaan, seperti PT RAPP Rudi Fajar dan pimpinan instansi lainnya, pacu jalur hari pertama berjalan aman dan sukses. ( isa )

Berita Lainnya

Index