Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si ( tengah ) didampingi Kepala Bappeda Hardi Yacub ( kiri ) saat m

PPL Diminta Antisipasi Perubahan Iklim

Kamis,22 November 2012 - 07:52:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Tantangan dalam bidang pertanian dimasa mendatang akan semakin berat dan kompleks serta penuh tantangan, seiring pengaruh perubahan iklim dan perubahan cuaca ekstrim yang dapat terjadi kapan saja. Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi sifat-sifat biologis tanaman yang hampu menghadapi ketergantungan terhadap kondisi alam itu.

Hal tersebut diingatkan Wabup Kuansing Drs H Zulkifli, M.Si saat membuka temu tugas petugas penyuluh lapangan ( PPL ) Dilingkup Dinas Tanaman Pangan Kuansing, di Balai Adat Teluk Kuantan, Kamis ( 22/11 ) siang . Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Kuansing Hardi Yacub, SP, Kadis Tanaman Pangan Ir Hardison dan undangan lainnya.

" Bila PPPL tidak mampu mengantisipasi perubahan dimaksud akan berakibat kegagalan pada usaha pertanian yang dikelola oleh masyarakat, maka boleh dikata tugas PPL gagal,"ujar Zulkifli.

Karena itu Wabup minta, dalam melaksanakan tugas dilapangan, setiap PPL harus selalu bersemangat, kreatif dan dinamis. Apalagi PPL; merupakan perpanjangan dari Dinas Tanaman Pangan yang mengembang tugas pokok dan fungsi. Apabila tugas PPL tidak berjalan, maka semua program Satker ( dinas ) juga akan mandul yang akhirnya dianggap tidak mampu memberikan pembinaan pada masyarakat. Oleh sebab itu katanya sangat penting peran dan kehadiran para PPL dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan seluruh petani.

" Saya mengajak PPL bahu membahu melaksanakan Tupoksi dengan semangat yang tinggi, berkinerja baik dan ikhlas serta menanamkan semangat membangun sebagai aparat dengan harapan Allah akan membalasnya,"ujar Zulkifli.

Terkait kegiatan temu tugas PPL tersebut ujarnya, merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian dari Pemkab pada PPL. Karena itu kegiatan tersebut sangat penting sebagai wadah koordinasi vertikal Satker dengan PPL yang ada disetiap kecamtan dan yang ada di desa. ( isa )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT